Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Garuda

Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Garuda

Kuningan, Kamis 4 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah melakukan verifikasi faktual kepengurusan Partai Garuda. Hadir dari KPU Kabupaten Kuningan yakni Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Logistik dan Keuangan Agus Ismail Yaqub, Kasubag Hukum Dedi Fristiadi, Staf KPU Kabupaten Kuningan Oban Sarbini dan Rahmat Taofik. Kegiatan verifikasi faktual kepengurusan Partai Garuda turut pula dihadiri oleh Staf Sekretariat Panwaslu Kuningan Endang R, Intel Kapolres Kabupaten Kuningan, dan Intel Kodim Kabupaten Kuningan.

Verifikasi faktual terhadap Partai Garuda meliputi 3 aspek, yakni verifikasi faktual kepengurusan (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara); verifikasi faktual keterwakilan perempuan dijajaran kepengurusan; dan verifikasi faktual domisili kantor tetap.

Pasca verifikasi faktual terhadap Partai Garuda, Heni menyampaikan bahwa terdapat beberapa hasil verifikasi faktual yang telah dilakukan oleh tim verifikator KPU Kabupaten Kuningan yakni untuk verifikasi faktual kepengurusan (Ketua, Sekretaris, dan Bedahara) Partai Garuda sudah MS (memenuhi syarat); untuk verifikasi faktual keterwakilan perempuan dijajaran kepengurusan sudah MS; dan untuk verifikasi faktual domisili kantor tetap Partai Garuda BMS (belum memenuhi syarat).

“Domisili kantor tetap Partai Garuda masih BMS. Hal itu disebabkan Partai Garuda tidak bisa menunjukkan surat pernyataan Ketua DPC (Pimpinan Partai Garuda) yang berkaitan dengan masa penggunaan kantor tetap Partai Garuda sampai dengan tahapan akhir Pemilu 2019.” tutur Heni.

Selanjutnya Heni menjelaskan bahwa pada tahapan perbaikan nanti, Partai Garuda diimbau mampu memenuhi dokumen yang diperlukan agar poin yang masih BMS dapat berubah menjadi MS. Tahapan perbaikan hasil verifikas faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik tingkat kabupaten/kota berdasarkan Keputusan KPU RI No 233/PL/01.1-KPt/03/KPU/XII/2017 dilakukan pada tanggal 13 s.d. 26 Januari 2018. Selanjutnya, tim verifikator KPU Kabupaten Kuningan akan melakukan verifikasi faktual hasil perbaikan kepengurusan dan keanggotan partai politik tingkat kabupaten/kota pada tanggal 23 Januari s.d. 3 Februari 2018.***

Komentar

comments