Tinggal Satu Pekan, KPU Himbau Parpol Segera Serahkan Berkas Keanggotaan

Tinggal Satu Pekan, KPU Himbau Parpol Segera Serahkan Berkas Keanggotaan

Kuningan, Senin 09/10, KPU Kabupaten Kuningan menghimbau agar Partai Politik (Parpol) segera menyerahkan salinan bukti keanggotaan Parpol. Heni Susilawati selaku Ketua KPU Kabupaten Kuningan, saat ditemui di ruangnya, mengatakan, “sejak tanggal 3 sampai dengan 8 Oktober, belum ada satu parpol pun yang menyerahkan bukti keanggotaannya.”

“Ada pun mengenai sejumlah pengurus atau petugas penghubung Parpol yang berkunjung ke KPU baru sebatas konsultasi saja.” tuturnya kemudian. Penyerahan dokumen di mulai dari tanggal 3 sampai dengan 15 Oktober 2017 pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Pada hari terakhir, yaitu tanggal 16 Oktober 2017 waktu penyerahan di mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 WIB.

“Beberapa dokumen yang harus segera diserahkan ke KPU adalah nama anggota Parpol yang disusun berdasarkan kecamatan, jumlah keanggotaan minimal 1.000 anggota. Selanjutnya salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) Parpol dan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan.” Heni menjelaskan.

KTA, KTP Elektronik, atau pun Surat Keterangan, jumlahnya harus sama dengan daftar nama anggota Parpol baik hardcopy maupun Sipol. Demi memfasilitasi Parpol dalam penyerahan dokumen tersebut, KPU Kabupaten Kuningan telah membentuk tim yang terdiri dari komisioner, kasubag, dan staff.

Penyerahan dokumen keanggotaan Parpol dilakukan oleh petugas penghubung yang memang diberi mandat oleh Parpol. Jadi selain membawa dokumen, petugas penghubung harus pula membawa surat mandat dari Parpol sebagai bukti bahwa dirinya adalah petugas penghubung dari Parpol.

“Berkas yang belum lengkap akan diserahkan kembali kepada Parpol untuk dilengkapi dan diserahkan ulang dengan batas akhir pukul 24.00 WIB pada tanggal 16 Oktober. Saya selaku Ketua KPU Kabupaten Kuningan, mengingatkan kepada Parpol bahwa waktu penyerahan berkas keanggotaan tinggal 8 (delapan) hari lagi.” tutur Heni Susilawati.***

Komentar

comments