Kuningan, Senin 23 April 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Pembuatan Desain Surat Suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan Tahun 2018  yang dilangsungkan di Aula KPU Kabupaten Kuningan pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Logistik Agus Ismail Yaqub, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Kasubag Logistik Asep P. Ruspendi, Kasubag Hukum Dedi Fristiadi, Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan Endang, beserta LO (Liaison Officer) atau Tim Penghubung Pasangan Calon Nomor Urut 1, 2 dan 3.

Rapat Koordinasi Pembuatan Desain Surat Suara dilaksanakan dalam rangka melaksanakan pasal 10 ayat 1 dan 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum  Nomor 9 Tahun 2017 Norma, Standar, Prosedur, Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Keputusan KPU Nomor 43 Tahun 2018 tentang Desain Surat Suara, Desain Surat Suara Satu Pasangan Calon dan Desain Alat Bantu Coblos (Template) bagi Pemilih Tunanetra pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

LO (Liaison Officer) atau Tim Penghubung masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati telah menyerahkan masing-masing foto pasangan calon bupati dan wakil bupati kuningan untuk digunakan dalam desain surat suara. Selanjutnya petugas KPU bagian desain memasukan foto dalam desain surat suara, sembari dtampilkan pada layar proyektor agar terlihat oleh masing-masing LO, sehingga  LO bisa memberikan saran dan masukan terkait dengan foto pasangan calon yang diterapkan pada desain surat suara.

Pada sesi akhir rapat koordinasi masing-masing LO menyepakati foto untuk ditetapkan dalam desain surat suara. Selanjutnya kesepakatan bersama antara KPU dan LO atau Tim Penghubung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan dituangkan didalam Berita Acara. Selanjutnya BA dibuat dalam 5 rangkap, 1 untuk KPU Kabupaten Kuningan, 1 untuk masing-masing pasangan calon, kemudian 1 untuk Panwaslu Kabupaten Kuningan. Disamping itu mereka juga diberi  Specimen desain surat suara yang memuat masing-masing pasangan calon.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada a,b,c,d yang telah memberikan sumbangsih saran dan masukan selama proses pembuatan desain surat suara. Selanjutnya pasca rakor hari ini KPU mengagendakan untuk menetapkan jumlah surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, agar secepatnya kita bisa melakukan pemesanan melalui E-Katalog KPU RI yang kabarnya akan ditutup paling lambat pada tanggal 30 April 2018. Disamping itu tidak menutup kemungkinan, kedepan KPU Kabupaten Kuningan akan mengagendakan untuk berkoordinasi dengan LO atau Tim Penghubung Pasangan Calon terkait Desain Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018” tutur Agus Ismail Yaqub.

Komentar

comments