RPP Goes To School/ Campus

RPP Goes To School/ Campus

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan pasca penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, tetap melakukan giat demokrasi dan kepemiluan. Hal tersebut dibuktikan dengan agenda Rumah Pintar Pemilu (RPP) Goes to School/ Campus. Sesuai dengan surat KPU Kabupaten Kuningan Nomor: 448/PP.06-ST/3208/KPU-Kab/X/2019, KPU Kuningan telah dan akan menggelar pendidikan pemilih di pelbagai lokasi dalam beberapa waktu ke depan.

Agenda RPP Goes to School/ Campus pertama dilakukan di SMK Auto Matsuda pada tanggal 15 Oktober 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kuningan Asep Z. Fauzi, Komisioner Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam, Kasubbag Teknis dan Hupmas Jajang Jamaludin, Wakasek SMK Auto Matsuda Amin Suparmin, serta 60 orang siswa-siswa SMK Auto Matsuda.

“Mengacu pada PKPU Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Pasal 1 ayat 25 disampaikan bahwa Pendidikan Pemilih adalah proses penyampaian informasi kepada pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran pemilih tentang Pemilu.” tutur Asep Z. Fauzi.

Penyampaian Materi dari Ketua KPU Kuningan Asep Z. Fauzi

Asep Z. Fauzi kemudian menjelaskan bahwa konsep Rumah Pintar Pemilu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan. RPP diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menerjemahkan nilai demokrasi sesuai khittahnya. Generasi inilah yang selain dapat menjadi pemilih cerdas juga dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan melahirkan kebijakan yang memihak pada tujuan kesejahteraan masyarakat.

Foto bersama KPU Kuningan dan siswa-siswa SMK Auto Matsuda Kuningan

“Agenda RPP Goes to School/ Campus akan digelar sebanyak 12 kali. Mengenai lokasinya ada di beberapa sekolah menengah, perguruan tinggi, di kantor KPU Kuningan, dan di beberapa SKPD yang ada di Kabupaten Kuningan. Tentu hadirnya RPP dipelbagai lokasi tersebut mengusung pelbagai tema pembahasan diantaranya: Peran RPP dalam Menunjang Proses Demokrasi; Menumbuhkan Kesadaran Berpolitik Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Tingkat Partisipasi; dan Kemitraan Lembaga.” tutur Dudung.***

Komentar

comments