Roadshow Bimtek Sicoklit Berakhir di Kecamatan Subang

Roadshow Bimtek Sicoklit Berakhir di Kecamatan Subang

Kuningan, Rabu 14 Februari 2018.  Tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih merupakan salah satu tahapan yang penting dalam Pilkada Tahun 2018. Khusus untuk wilayah Jawa Barat, dalam tahapan tersebut melibatkan aplikasi Sicoklit dan Sitagis. Kedua aplikasi tersebut diperuntukan untuk meningkatkan kualitas data pemilih dalam penyelenggaraan Pilkada di jawa Barat.

Kabupaten Kuningan yang termasuk salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat, pada hari 27 Juni 2018 akan melangsungkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan. Terhitung sejak gerakan coklit serentak pada tanggal 20 Januari 2018, KPU Kabupaten Kuningan telah melakukan ikhtiar dalam rangka meningkatkan kualitas data pemilih baik itu berupa bimbingan teknis kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun mengikuti kegiatan serupa yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, KPU Kabupaten Kuningan turun langsung menemui PPS seKabupaten Kuningan dalam rangka pemantapan penggunaan aplikasi Sicoklit dan Sitagis sesuai dengan Surat KPU Nomor 92/PP.07.3-Und/3208/KPU-Kab/II/2018. Roadshow pertama dilangsungkan pada tanggal 6 Februari 2018 yang diikuti oleh PPS sewilayah kerja Kecamatan Kuningan dan Kecamatan Cigugur. Hari ini (14/2) KPU Kabupaten Kuningan mengkahiri roadshow di Kecamatan Subang yang diikuti oleh PPK dan PPS di wilayah kerja Kecamatan Selajambe, Subang, dan Cilebak

Ada pun Tim KPU Kabupaten Kuningan yang turun ke lapangan terdiri dari Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Kasubag Program dan Data Dudung Abdul Rokhman, Toto Saptori, Zaka Vikryan, Hanifah Rahmadhani, Dean Triyana, Ajiv, dan Adi Sucipto.

Mengawali kegiatan bimtek, Dadan Hamdani memberikan arahan umum terkait tahapan mutarlih. Kemudian dilanjutkan dengan materi pengantar yang dibawakan oleh Dudung Abdul Rokhman. Selanjutnya, secara bergiliran Toto Saptori dan Zaka Vikryan memandu penggunaan aplikasi Sicoklit secara bertahap dari sejak PC dinyalakan. Selain itu penyampaian secara teoritis, PPS diajak untuk sama-sama mensimulasikan contoh kasus yang acap kali ditemui dari hasil coklit PPDP di lapangan. Simulasi tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman PPS mengolah data dalam aplikasi Sicoklit.

“Selain memantapkan rekan-rekan PPS dalam penggunaan Sicoklit, agenda ini dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antara KPU, PPK, dan PPS seKabupaten Kuningan. Semoga pasca kegiatan roadshow ini, PPS semakin termotivasi untuk bekerja kian giat, tepat, dan akurat. Di luar itu semua, mempererat tali silaturahmi dan membangun soliditas penyelenggara adalah faktor yang tidak kalah pentingnya dalam menyukseskan Pilkada Tahun 2018, khususnya di Kabupaten Kuningan.” tutur Dadan.***

Komentar

comments