Relasi KPU Siap Berkontribusi

Relasi KPU Siap Berkontribusi

Kuningan – Selasa 03/10, KPU Kuningan mengadakan pertemuan dengan Relawan Dekomrasi (Relasi) di Sekretariat KPU, Rumah Pintar Pemilu, Jalan Jenderal Sudirman No. 80 Kuningan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU, Jajaran Sekretaris, dan 30 orang Relasi yang telah direkrut oleh KPU beberapa waktu lalu. Kegiatan pertemuan ini merupakan kegiatan evaluasi kerja Relasi oleh KPU Kabupaten Kuningan.

Ulah ciut kanu hideung, ponteng kanu koneng” tutur Asep Z Fauzi, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kuningan, ketika membuka pertemuan tersebut. Hal itu ditujukan untuk kembali mengingatkan netralitas dalam diri Relasi agar tidak berafiliasi.

“Netralitas itu bukan berarti kita menjaga jarak. Melainkan bersikap adil kepada seluruh pihak, ke sini manis ke sana pun manis.” tuturnya kemudian. Asep selanjutnya menjelaskan Relasi harus mampu mendapatkan informasi secara cepat dan valid agar dapat disebarluaskan ke masyarakat. Hal itu berguna sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu yang akan datang.

Di dalam pertemuan itu, Relasi mendapatkan kuisioner yang nantinya akan dipergunakan untuk responden sesuai dengan tanggung jawab segmentasi pemilih masing-masing tim Relasi. Kuisioner tersebut merupakan instrumen survey yang akan dilakukan oleh tim Relasi.

Tujuan survey Relasi adalah untuk menghimpun data tentang pengetahuan masyarakat mengenai Pilkada, rekam jejak keterlibatan masyarakat dalam pemilu yang sebelumnya, sudah atau belum melakukan perekaman e-KTP, dan untuk mencari strategi sosialisasi agar dapat mewujudkan pemilih yang cerdas dan masif

“Saya adalah satu tim Relasi yang memiliki tanggung jawab di segmen Pemilih Pemula. Dengan bekerja sama bersama KPU Kabupaten Kuningan, saya dapat berbuat sesuatu dalam pesta demokrasi yang akan datang. Segala bentuk tahapan, informasi, atau apa pun akan saya transferkan kepada sasaran sesuai dengan tanggung jawab segmentasi saya. Ini adalah bentuk komitmen dan kontribusi saya selaku tim Relasi KPU Kuningan.” tutur Raden Ayu Mardiyah. ***

 

Komentar

comments