PPS Pancalang Gelar Sosialisasi dan Pembekalan Calon KPPS Pemilu 2019

PPS Pancalang Gelar Sosialisasi dan Pembekalan Calon KPPS Pemilu 2019

Kuningan, 17 Desember 2018. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan Hj. Heni Susilawati hadiri undangan kegiatan sosialisasi dan pembekalan bagi calon anggota KPPS Pemilu 2019 wilayah kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pancalang Kecamatan Pancalang. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri pula oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Pancalang dan warga sekitar yang menaruh minat untuk menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu 2019.

Dalam arahannya, Heni menyampaikan bahwa penyelenggara termasuk KPPS harus merujuk pada Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

“Netralitas dan integritas adalah hal mendasar yang perlu dimiliki oleh penyelenggara pemilu. Aspek profesionalitas juga harus diikhtiarkan secara optimal dengan mempelajari PKPU pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Melayani pemilih dengan sesuai dengan aturan yangg berlaku.” tutur Heni.

Dalam kesempatan yang sama juga Heni menyampaikan untuk menyiiapkan calon lokasi TPS yang ramah terhadap kelompok disabilitas, memenuhi syarat penerangan yang cukup memadai untuk menggelar penghitungan suara yang terbuka kepada berbagai pihak. Dan mengajak seluruh pihak agar mendokumentasikan C1 plano di TPS.

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar menyampaikan informasi tentang tugas-tugas KPPS dalam Pemilu 2019 dengan penekanan mendasar berkaitan dengan netralitas dan integritas.” tutur Cupredi Ketua PPS Pancalang usai acara.

Yayan Supyan Ketua PPK Pancalang kemudian menambahkan juga bahwa bagi calon anggota KPPS jangan takut jangan bimbang, taati aturan main yang ada, kuatkan koordinasi internal dan eksternal. Selain itu Yayan menyampaikan harapannya kepada KPU Kabupaten Kuningan agar program bimbingan dapat semakin intensif dan berulang bagi KPPS, kemudia penguatan bagi KPPS agar mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya, dan juga meningkatkan kesejahteraan KPPS.

Di tempat yang sama, Heni menyampaikan pula apresiasinya terhadap rekan-rekan penyelenggara di wilayah Pancalang. “Secara khusus saya mengapresiasi kegiatan yangg dilakukan oleh PPS Pancalang Kecamatan Pancalang dan ini layak untuk diikuti oleh PPS lainnya di Kabupaten Kuningan. Kegiatan semacam ini mencerminkan ada kesungguhan menyiapkan SDM calon KPPS yang profesional untuk Pemilu 2019.” tutur Heni***

Komentar

comments