PPK Pancalang Segera Lakukan Terobosan

PPK Pancalang Segera Lakukan Terobosan

Kuningan, 27 November 2017. Panitia Pemilikan Kecamatan (PPK) Pancalang telah melakukan bimtek dan simulasi mekanisme verifikasi calon perseorangan pada tanggal 26  November 2017 di Aula Kecamatan Pancalang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 39 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 13 desa yang ada di Kecamatan Pancalang.

Bimtek kali ini merupakan tindak lanjut atas bimtek yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan kepada PPK seKabupaten Kuningan beberapa hari yang lalu di Horison. Kami selaku penyelenggara di tingkat Kecamatan Pancalang bertanggung jawab mentransferkan apa-apa yang telah didapat di Horison kemarin.” tutur Yayan Supyan, Ketua PPK Pancalang.

Selanjutnya Yayan mengatakan bahwa metode yang digunakan dalam bimtek kali ini seluruhnya mengikuti apa yang telah dipakai oleh KPU Kabupaten Kuningan dalam membimtek PPK. Namun, tuturnya, tidak menutup kemungkinan jika ke depan akan menggunakan metode yang berbeda.

“Tidak ada satu metode yang sempurna. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Boleh jadi, ke depan kami akan menerapkan beberapa metode dalam kegiatan bimtek. Hal tersebut kami maksudkan agar materi yang disampaikan dapat terserap lebih oleh PPS. Tentu, yang menjadi tolok ukurnya beragam. Salah satunya adalah situasi dan kondisi saat bimtek berlangsung.” tutur Yayan.

Di sesi akhir, pengadaan evaluasi tetap dilakukan oleh PPK Pancalang. Bentuk evaluasinya adalah memberikan post tes kepada seluruh anggota PPS yang hadir. Menurut Yayan, hal itu bertujuan untuk mengukur seberapa berhasilkah bimtek yang diadakan oleh PPK Pancalang.

Di akhir wawancara, Yayan menyampaikan harapannya kepada PPS di wilayah kerja Kecamatan Pancalang agar berkenan membaca regulasi yang berkaitan dengan pemilu. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan penyelenggara di tingkat desa/kelurahan agar dapat diimplementasikan kelak di hari H.***

Komentar

comments