PPK dan PPS SeKabupaten Kuningan Ikuti Bimtek Mutarlih KPU Kuningan

PPK dan PPS SeKabupaten Kuningan Ikuti Bimtek Mutarlih KPU Kuningan

Kuningan, Selasa 16 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih, bertempat di Aula Hotel Horison Kuningan acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan dihadiri oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Kepala Disdukcapil Kuningan Drs. Kms Zulkifli, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi Partisipasi Masyarakat Asep Z. Fauzi, Tim Kasubbag Program dan Data KPU Kuningan, beserta PPK dan PPS seKabupaten Kuningan.

Pada pembukaan acara Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menuturkan pesan kepada PPK dan PPS seKabupaten Kuningan untuk saling bersinergi dan menghormati sesama Lembaga Penyelenggara baik antara PPK dan Panwascam, serta  PPS dan PPL untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Lalu Heni juga menyampaikan kepada PPK dan PPS agar senantiasa menghindari hal yang berkenaan tentang Politik Uang, lalu menyampaikan informasi yang Langsung Umum Bersih Jujur dan Adil (LUBER JURDIL) ketika berkomunikasi dengan masyarakat, berkaitan dengan informasi pasangan calon disampaikan secara faktual dan adil ketika disampaikan ke masyarakat.

Bertindak sebagai narasumber pertama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan Drs. Kms Zulkifli, M.Si. menyampaikan materi yang berkenaan tentang Perkembangan Data Kependudukan Kabupaten Kuningan. dalam perkembangan data kependudukan dilihat dari sistem pengelolaan/ pengolahan data kependudukan menyangkut tiga pendekatan, diantaranya Software (Perangkat Lunak) perkembangan perundang-undangan dan kelembagaan dinas, Hardware (KTP Elektronik), dan Brainware Pengguna/ pelaku (SDM) pengelola data penduduk. Lalu disampaikan juga pekembangan berkenaan Perangkat E-KTP dimulai dari makin sempurnanya server yang ada di daerah dengan pusat termasuk perangkat perekaman E-KTP, adanya system pengolahan data online, dan tersedianya layanan jasa seperti SMS GATEWAY yang disediakan oleh Disdukcapil.

Setelah penyampaian materi oleh Kepala Disdukcapil selesai, ruangan pun dipecah menjadi tiga bagian diantaranya Kelas Satu, Kelas Dua, dan Kelas Tiga. Penyampaian materi di tiga bagian kelas dibagi dua sesi yang diisi oleh narasumber yang berbeda. Pada sesi pertama Jam 14.00 s.d. 17-30 WIB, Kelas Satu diisi oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani menerangkan tentang Alur PPDP, Kelas Kedua diisi oleh Tim Kasubbag Program dan Data KPU Kuningan Dudung Abdulrahman dan Toto Saptori yang menjelaskan tentang Mekanisme Coklit, dan Kelas Ketiga diisi oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Partisipasi Masyarakat Asep Z.Fauzi menerangkan tentang Tugas PPDP dan Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menerangkan tentang Hak Pilih. Sesi Kedua acara di mulai Jam 20.00 s.d. 22.00 WIB , Kelas Satu diisi oleh Komisioner KPU Kuningan DIvisi Parmas Asep Z.Fauzi menerangkan tentang Partisipasi Masyarakat dalam Mutarlih Kelas Kedua oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani menerangkan tentang Teknis PPDP, dan Kelas Ketiga diiisi oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menerangkan tentang Gambaran Umum Pemilih dan Penjelasan PPDP.***

 

Komentar

comments