Persiapan KPU Kuningan Menjelang Pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan

Persiapan KPU Kuningan Menjelang Pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan

Kuningan, Kamis 4 Januari 2018. Menjelang agenda Tahapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan masih terus menyebarluaskan Pengumuman Pendaftaran terhitung sejak tanggal 1 s.d. 7 Januari 2018.

Pada Tahapan Pendaftaran Pasangan Calon, KPU Kabupaten Kuningan akan membuka pendaftaran terhitung mulai tanggal 8 s.d. 10 Januari 2018. Untuk tanggal 8 s.d. 9 Januari 2018, pendaftaran dibuka sampai dengan pukul 16.00 WIB. Pada tanggal 10 Januari 2018, pendaftaran dibuka sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Menjelang Tahapan Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, KPU akan menggelar 2 agenda penting yakni Penandatanganan Pernyataan Sikap dan Doa Bersama Pilkada Kuningan 2018 pada tanggal 5 Januari 2018 dan Rakor dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan Pilkada Kuningan 2018.

“Agenda Penandatanganan Pernyataan Sikap dan Doa Bersama Untuk Pilkada Kuningan Damai Tahun 2018 pada tanggal 5 Januari bertujuan untuk meneguhkan komitmen moril seluruh pihak yang berkepentingan dalam Pilkada Kuningan 2018 demi terciptanya seluruh tahapan yang mampu diikuti oleh pemilih rasional, cerdas, mandiri, dan bertanggung jawab serta oleh kandidat yang mampu memberikan keteladanan dengan tidak menggunakan money politics dalam tahapan Pilkada Kuningan 2018, tidak menggunakan fasilitas negara, tidak menggunakan isu sara untuk kepentingan Pilkada. Agenda tersebut merupakan ikhtiar dalam mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih Pemimpin di Kabupaten Kuningan untuk 5 tahun ke depan.” tutur Heni Susilawati Ketua KPU Kabupaten Kuningan.

Untuk agenda Penandatanganan Pernyataan Sikap dan Doa Bersama Untuk Pilkada Kuningan Damai Tahun 2018 akan dihadiri oleh 2.088 Undangan yang terdiri dari Bupati Kuningan; Wakil Bupati Kuningan; Kapolres Kuningan; Dandim 0615 Kuningan; Ketua DPRD Kuningan; Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan; Ketua Pengadilan Negeri Kuningan; Kepala Kantor Kementrian Agama Kuningan; Ketua, Anggota, dan Sekretaris Panwaslu Kuningan; Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan; Asda 1 Setda Kuningan, Asda 2 Setda Kuningan, Asda 3 Setda Kuningan; Kepala Dinas/ Badan/ Kantor di Lingkup Pemkab Kuningan; Ketua MUI Kabupaten Kuningan; Ketua PWI Kabupaten Kuningan; Ketua FKUB Kabupaten Kuningan; Ketua IDI Kabupaten Kuningan; Kepala BNN Kabupaten Kuningan; Ketua dan Unsur Pimpinan Partai Politik; Camat seKabupaten Kuningan; Kapolsek seKabupaten Kuningan; Danramil seKabupaten Kuningan; Ketua dan Anggota PPK seKabupaten Kuningan; Ketua dan Anggota Panwascam seKabupaten Kuningan; Kepala Desa seKabupaten Kuningan; Ketua dan Anggota PPS seKabupaten Kuningan; Tokoh Agama/ Tokoh Masyarakat Kabupaten Kuningan; Ketua Ormas/OKP Kabupaten Kuningan; Pimpinan Media Cetak, Pimpinan Media Online, Pimpinan Stasiun Radio Kuningan; Perguruan Tinggi seKabupaten Kuningan; Pimpinan Organisasi Warga Difabel seKabupaten Kuningan; Perwakilah Pemilih Disabilitas di Kabupaten Kuningan; Mantan Komisioner KPU Kabupaten Kuningan; Mantan Sekretaris dan Kasubag KPU Kuningan; dan Relawan Demokrasi.

Selanjutnya, tanggal 6 Januari 2018 akan digelar Rapat Koordinasi Persiapan Pendaftaran Pasangan Calon Melalui Jalur Partai Politik yang bertempat di Hotel Prima Resort Kuningan. Rakor tersebut akan dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kapolres Kuningan, Kepala Kesbangpol Kuningan, Kajari Kuningan, Kepala Pengadilan Negeri Kuningan,  Kepala Satpol PP Kuningan, Kepala BNN Kuningan, Ketua IDI Kuningan, Kepala Disdukcapil Kuningan, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kuningan, Anggota PPK Divisi Teknis Kepemiluan, dan Pimpinan Partai Politik. Heni menyampaikan bahwa Rakor tersebut bertujuan agar seluruh syarat calon dan syarat pencalonan dapat dipenuhi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta agar pendaftaran bakal pasangan calon berjalan lancar dan tertib.

Selain itu, dalam rangka persiapan Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, Ketua KPU Kabupaten Kuningan telah mengikuti Rakor di KPU Jawa Barat pada tanggal 3 Januari 2018. Hasil rakor tersebut diperkirakan bahwa untuk pemeriksaan kesehatan Pasangan Calon akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Hal tersebut mengacu pada Keputusan KPU RI No 231/PL.03.1-Kpt/06/KPU/XII/2017 tentang Petunjuk Teknis Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota yang mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon dilakukan di Rumah Sakit tipe A.***

Komentar

comments