Pendaftar Petugas Sortir Lipat Surat Suara Padati KPU Kuningan

Pendaftar Petugas Sortir Lipat Surat Suara Padati KPU Kuningan

Kuningan, 5 Maret 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan berdasarkan pengumuman nomor 134/PP.10.3-Pu/3208/KPU-Kab/III2019 tentang Pendaftar Calon Petugas Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilihan Umum Tahun 2019. Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z. FAuzi menyampaikan bahwa pengumuman pendaftaran dimulai sejak tanggal 4 s.d. 6 Maret 2019. Untuk penerimaan berkas persyaratan tanggal 5 s.d. 7 Maret 2019.

“Setiap harinya, KPU Kabupaten Kuningan menerima berkas dari pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB. Namun apabila sebelum tanggal 7 Maret 2019 jumlah pendaftar sudah memenuhi tenaga sortitr dan lipat surat suara, maka pendaftar dinyatakan ditutup. Untuk jumlahnya, KPU Kabupaten Kuningan membutuhkan tenaga sortir lipat sebanyak 800 orang yang terdiri dari masyarakat umum.” tutur Asep.

Asfa, demikian panggilan akrabnya, menyampaikan bahwa persyataran untuk menjadi tenaga sortir lipat diantaranya yang bersangkutan merupakan warga negara Indonesia; berusia paling rendah 17 tahun dan maksimal 60 tahun; memiliki integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil; berdomisili dalam wilayah kerja KPU Kuningan; sehat jasmani dan rohani dan tidak buta warna.

“Untuk perempuan tidak sedang dalam kondisi hamil. Kemudian bukan anggota Partai Politik dan Tim Sukses Peserta Pemilu Tahun 2019; serta tidak menggunakan pakaian, atribut partai politik, dan/ atau pakaian, atribut lainnya yang menyerukan dukungan atau bukan dukungan kepada salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan Kabupaten/ Kota di tempat sortir lilpat suara.” tutur Asfa.

Di akhir wawancara, Asfa menjelaskan bahwa berkas pendaftaran berupa fotokopi KTP dan surat pernyataan dibuat dalam 1 (satu) rangkap. Berkas pendaftaran diserahkan oleh yang bersangkutan pada saat pendaftaran (tidak diwakilkan) dan pendaftaran calon petugas sortir dan lipat tidak dipungut biaya. Sortir Lipat Suara akan dilaksanakan tanggal 9 s.d. 29 Maret 2019 pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB WIB. Untuk jadwal berakhirnya dapat berubah swaktu-waktu sesuai dengan tuntasnya penyortiran dan pelipatan surat suara.***

Komentar

comments