Partisipasi Pemilih di Kuningan Capai 74, 11%

Partisipasi Pemilih di Kuningan Capai 74, 11%

Ketua Komisi pemilihan Umum kabupaten Kuningan Asep Z. Fauzi mengatakan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan dibandingkan  Pemilu sebelumnya, walaupun secara komulatif belum mencapai target nasional sebesar 77,5 %.

“Alhamdulilah partisipasi masyarakat atau pemilih pada pemilu kali ini mencapai 74,11 %. Hal ini meningkat bila dibandingkan dengan rata-rata prosentase pemilu tahun 2014, baik untuk pileg maupun pilpres. Berdasarkan dokumen KPU, pada tahun 2014 rata-rata partisipasi pemilih pileg sebesar 67,52 % dan untuk pilpres 66, 69 %.” tutur Asep.

Sebagai informasi, untuk angka partisipasi 5 jenis pemilihan ini adalah partisipasi PPWP 74,19 %, DPR 74,09%, DPD, 74,13 %, DPRD Provinsi 74,09 % dan DPRD Kab. 74,06 %.

Sementara itu Komisioner KPU Divisi SDM, Parmas, dan Sosialisasi Dudung Abdu Salam mengatakan, meningkatnya angka partisipasi tidak terlepas dari peran para penyelenggara adhoc (KPPS, PPS, dan PPK) mereka menjalankan tugas dengan baik. Di samping itu dukungan dari Pemerintah Daerah, media, aparat keamanan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat  dalam mensosialisasikan tahapan pemilu, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari peningkatan angka partisipasi ini.

Pihak lain yang tidak kalah penting dalam membantu proses ini adalah partai politik, calon anggota legislatif, tim kampanye paslon capres dan cawapres yang telah memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga angka partisipasi ini meningkat.

Dudung menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak terutama badan adhoc di tingkat bawah yang telah menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, walaupun kami menyadari masih banyak hal yang harus di evaluasi. Kepada pemerintah daerah, TNI-POLRI yang telah mengawal keamanan proses pemilu sehingga kuningan berjalan kondusif.

“Pemilu kali ini banyak menguras energi, baik penyelenggara karena ada 4 orang petugas KPPS yang meninggal, 3 orang pamsung dan pamyah serta 1 orang saksi. Tentu doa dan haparan semoga para pahlawan demokrasi ini di terima amal baiknya. Dan juga ada sekitar 27 orang petugas yang sakit mudah2an segera diberi kesembuhan.” tutur Dudung.***

Komentar

comments