Mengapa Harus Ada Pemilu

Mengapa Harus Ada Pemilu

Kuningan, Sabtu 6 Januari 2018. Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi pada hari pertama (6/1) memasuki sesi akhir tepat pukul 21.15 WIB. Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z Fauzi memimpin forum bimtek. Asep membuka forum dengan sebuah pertanyaan, “Mengapa Harus Ada Pemilu?”

Peserta bimtek yang terdiri dari 30 orang Relawan Demokrasi memberikan pelbagai respon atas pertanyaan tersebut. Selanjutnya Asep melakukan sinkronisasi jawaban atas pertanyaan tersebut, menurutnya pemahaman utama yang penting dipahami bahwa dilaksanakannya Pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat.

Selanjutnya Asfa panggilan akrab Asep Z Fauzi menjelaskan bahwa pemilu adalah suatu prosedur dimana warga negara akan memilih dan memberi wewenang kepada yang terpilih untuk menjadi pemimpin dan wakil rakyat. Selain itu, pemilu merupakan proses pengubahan perolehan suara menjadi kursi/ pemimpin (transfer votes into seat(s). Pemilu harus dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sesuai perundangan yang berlaku.

Asfa kemudian memandu forum bimtek untuk melakukan diskusi kelompok. Diskusi tersebut membahas kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pemilu. Di akhir sesi diskusi, Asfa menyampaikan beberapa poin mengenai kelebihan pelaksanaan pemilu yakni ada kepastian hukum; aspirasi masyarakat tersalurkan; legitimasi kuat; terjaminnya demokrasi; mencerdaskan masyarakat; dan penghargaan HAM

Ada pun kekurangan pelaksanaan pemilu meliputi regulasi sering berubah; elit politik ingkat janji; data pemilih kurang akurat; partisipasi masyarakat rendah; rawan konflik; money politik sulit dibendung; dan kepercayaan terhadap penyelenggara masih kurang.

“Dengan menetapkan secara damai siapa yang akan menjadi pemimpin dan dengan memberikan legitimasi terhadap keputusan yang mereka buat, pemilu menjadi jawaban bagi masalah-masalah yang ada dalam sistem politik mana pun.” tutur Asfa.

Komentar

comments