Lagi, KPU Kuningan Bahas Persoalan Data Pemilih

Lagi, KPU Kuningan Bahas Persoalan Data Pemilih

Persoalan Data Pemilih dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, hingga saat ini masih belum rampung. Pasca pleno DPT di KPU RI tanggal 5 September 2018 dan adanya rekomendasi dari pelbagai pihak, KPU masih tetap melanjutkan tahap pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih.

“Kaitannya dengan data pemilih yang masih dibahas dan diselesaikan sekarang itu mengenai data pemilih ganda dan data pemilih anomali. Data pemilih ganda, yakni terdapat 2 data pemilih yang memiliki (data identitas (NIK, NKK, Nama, Alamat dll) sama dalam DPT. Kalau data anomali itu, data pemilih yang dianggap elemen datanya harus diperbaiki.” tutur Toto Saptori, S.Kom Fungsional Umum Divisi Program dan Data.

Toto kemudian menyampaikan bahwa untuk penyelesaian hal-hal tersebut harus dilakukan dengan cara verifikasi langsung ke lapangan. Hal itu tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dari PPK dan PPS. Karena penyelenggara di tingkat desa/kelurahan merupakan penyelenggara yang paling tahu persis bagaimana data real di lapangan.

Dalam kesempatan yang sama, Dudung Abdul Rokhman, S.E Kasubag Program dan Data menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Kuningan juga turut serta merekap data pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Nantinya, data pemilih yang belum perekaman tersebut akan KPU Kabupaten Kuningan akan koordinasikan dengan Disdukcapil Kabupaten Kuningan. Sehingga outputnya nanti, masyarkat Kabupaten Kuningan akan tertib adminitrasi kependudukan dan dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu Serentak Tahun 2018.” tutur Dudung.

“KPU Kuningan masih terus melakukan ikhtiar dalam mengawal data pemilh. Untuk penyelesaian data ganda dan persoalan data yang lainya, kami tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pelbagai pihak baik sesama di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, maupun dengan Disdukcapil Kabupaten Kuningan.” tutur Dadan Hamdani, S.E Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data.

Dadan juga menyampaikan bahwa hari ini (27/10) sampai dengan tanggal 28 Oktober 2018, KPU Kabupaten Kuningan kembali menggelar bimtek penyusunan DPTHP-2 yang dihadiri oleh 32 PPK yang membidangi pemutakhiran data pemilih di Hotel de Jehans Kuningan.

“Kepada PPS, PPK, maupun masyarakat umum diharapkan turut serta membantu dalam menyelesaikan persoalan data pemilih untuk Pemilu Serentak Tahun 2019. Dengan adanya peran serta dari pelbagai pihak semoga data pemilih di Kabupaten Kuningan termasuk ke dalam kategori data pemilih yang valid dan akurat. tutur Dadan.***

Komentar

comments