Kunjungi Lapas, Relawan Demokrasi KPU Kuningan Gelar Sosdiklih

Kunjungi Lapas, Relawan Demokrasi KPU Kuningan Gelar Sosdiklih

Sabtu, 9 Februari 2019. Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Kabupaten Kuningan telah menggelar sosialisasi kepemiluan kepada penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cijoho Kelas II A Kuningan. Ada pun segmentasi Relasi yang hadir yakni Basis Komunitas, Basis Marjinal, dan Basis Berkebutuhan Khusus. Kegiatan sosialisasi yang digelar di Aula Lapas tersebut diikuti oleh perwakilan dari setiap kamar lapas yang diwakili sekitar 150 orang.

“Saya sangat mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan oleh kawan-kawan Relasi ini. Hal tersebut merupakan sosialisasi pertama yang kami terima ujarnya. Kemudian ia menyampaikan agar warga lapas dari perwakilan setiap kamar yang menerima materi sosialisasi dapat memahami materi soal kepemiluan. Sehingga pasca mengikuti kegiatan dapat menyampaikan nya kembali kepada warga lapas di masing2 kamar. Semoga ke depan aka nada lagi kegiatan serupa.” tutur Kalapas Cijoho Kuningan, Samsul Hidayat, Bc.IP, SH, MH.

Arie A Wijaya salah satu anggota Relasi menyampaikan juga bahwa sosialisasi di Lapas ini sangat penting karena bisa dikatakan akses informasi di Lapas tidak begitu banyak dan akses informasi tidak dapat sembarangan masuk ke lapas, maka KPU Kabupaten Kuningan melalui Relasi menggelar sosialisasi kepada warga Lapas.

“Pada sosialisasi ini kami memberikan materi berupa pemahaman tentang pentingnya pemilu, pengenalan peserta Pemilu 2019, pengenalan jenis surat suara yang didapat, dan terakhir kami memberikan materi mengenai tata cara pencoblosan yang sah dan tidak sah.” tutur Arie.

Tambah Arie, harapan kami semoga dengan kegiatan sosialisasi yang telah diadakan, para warga Lapas lebih semangat lagi dalam menyambut Pemilu 2019. Selain itu, penting juga kaitannya dengan pengetahuan teknis menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada hari rabu 17 April 2019.***

Komentar

comments