Kuningan Belajar Tata Kelola Media Centre Ke KPU Jabar

Kuningan Belajar Tata Kelola Media Centre Ke KPU Jabar

Bandung, 6 Desember 2017. Salah seorang petugas Media Centre Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan Cece Bahrul Ulum berkesempatan menimba ilmu dari Asep Kusnaedi selaku Manager Media Centre KPU Provinsi Jawa Barat pukul 10.OO WIB.

“Media Centre memiliki posisi yang sangat strategis. Media Centre dialokasikan sebagai pintu masuk ke KPU. Pelayanannya tentu begitu beragam, dari mulai penyediaan informasi kepada wartawan, memfasilitasi pertemuan media dengan komisioner, bahkan sampai menerima tamu yang berkunjung ke KPU.”, tutur Asep Kusnaedi, Manager Media Centre KPU Provinsi Jabar.

Dengan segala tugasnya yang begitu banyak dan padat, Asep menjelaskan bahwa Media Centre harus memiliki keterampilan. Keterampilan tersebut bukan hanya desain grafis atau video editing. Tetapi harus pula menguasai ilmu komunikasi, paham regulasi yang berlaku dalam tahapan, dan gerbang informasi paling depan.

“Paling tidak Media Centre KPU terdiri dari sumber daya manusia dengan kualifikasi keterampilan penulisan, foto, video, dokumentasi (administrasi), dan media sosial. Sehingga output kerjanya terukur, misal rilis berita di web; dokumen foto, dokumen video, dan aktif di media sosial. Tentu harus pula didukung dengan peralatan yang memadai. Kesemuanya itu tidak lain dimaksudkan untuk pelayanan informasi kepada masyarakat luas.” tutur Asep.

Asep kemudian menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada SOP tertulis tentang Media Centre. Selain itu, belum ada komunikasi yang optimal dengan Media Centre yang ada di KPU Kabupaten/Kota. Namun, hal tersebut akan ditanggulangi dengan Rapat Koordinasi Media Centre KPU Kabupaten/Kota SeJabar dalam bulan Desember ini.

“Semoga dengan adanya rakor tersebut dapat menjadi awal komunikasi Media Centre KPU Jabar ke seluruh Media Centre KPU Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat. Ke depan, kami sudah membuat kantong-kantong grup media sosial, semoga segala informasi yang datang dari KPU Jabar dapat secara masif tersebar di Kabupaten/Kota seJabar.” tutur Asep.

Mendengarkan apa yang disampaikan Asep Kusnaedi selaku Manager Media Centre KPU Jabar, Cece Media Centre KPU Kabupaten Kuningan mengatakan bahwa sampai saat ini sekalipun belum ada rakor tapi KPU Kuningan telah memproduksi beberapa video terkait tahapan penyelenggaraan, rekrutmen badan adhoc, dan lain-lain.

“Setelah diajak nonton produk video pelimu oleh Pak Asep di Studio KPU Jabar, saya semakin terinspirasi untuk membuat video lainnya dengan varian yang berbeda. Sejatinya saya tidak dapat menyelesaikan tugas secara individu. Untuk mengemban dan melaksanakan apa yang telah ditugaskan KPU Kuningan diperlukan tim yang mampu bekerja sama dengan baik.” tutur Cece.

Cece kemudian menjelaskan bahwa dirinya menyambut baik jika ada rencana Rakor Media Centre SeJabar. Kegiatan tersebut akan menambah pengetahuan dan pengalaman rekan-rekan Media Centre di KPU Kabupaten/Kota. Kesempatan dialog dengan beberapa rekan Media Centre SeJabar tidak menutup kemungkinan juga dapat menjadi sumber inspirasi dalam kreativitas produksi Media Centre Kuningan semakin baik lagi.

Komentar

comments