KPU Tuntaskan Rekrutmen Relawan Demokrasi dan Tenaga Pendukung

KPU Tuntaskan Rekrutmen Relawan Demokrasi dan Tenaga Pendukung

KPU Kuningan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah menuntaskan rekrutmen Relawan Demokrasi (RELASI) dan Tenaga Pendukung Rutin (TPR) dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018. Jumlah RELASI yang terpilih sebanyak 30 orang dan Tenaga Pendukung sebanyak 10 orang. Mereka telah melewati serangkaian seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes wawancara, sampai uji kompetensi.

Anggota KPU Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Asep Z. Fauzi, menjelaskan 30 orang Relawan Demokrasi terbagi ke dalam 5 sasaran pemilih. “Keenam sasaran pemilih itu adalah kelompok pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih keagamaan, pemilih disabilitas, dan pemilih marjinal. Masing-masing kelompok diisi 6 orang relawan. Semuanya sudah mulai bertugas perbulan September 2017 sampai dengan bulan Februari 2018,” kata Asep.

Sementara untuk Tenaga Pendukung, KPU Kuningan sudah merekrut 10 orang untuk 7 bidang keahlian, yaitu administrasi perkantoran, keuangan dan perpajakan, teknik informatika, hukum dan tata negara, desain grafis, ilmu jurnalistik, serta kehumasan dan keprotokolan. Mereka akan ditempatkan di unit-unit yang ada di Sekretariat KPU Kuningan. Tujuannya agar dapat membantu fasilitasi penyelenggaraan Pilkada 2018.

“Semua SDM Tenaga Pendukung akan didistribusikan ke Sub Bagian yang ada di Satker KPU Kuningan. Seperti Subbag Umum, Keuangan dan Logistik, Subbag Program dan Data, Subbag Teknis dan Hupmas, dan Subbag Hukum. Masa kerjanya selama 12 bulan terhitung mulai 2 Oktober 2017,” jelas Asep.

Ditambahkan Asep, untuk perhitungan masa tugas Tenaga Pendukung dilakukan secara serentak se Jawa Barat. Hal ini dikarenakan pembayaran honorariumnya bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat. “Jadi nantinya masa kerja tenaga pendukung di KPU Kabupaten/Kota se-Jabar akan sama. Sebab SK Tanaga Pendukung akan diterbitkan oleh KPU Jawa Barat. Sementara untuk Relawan Demokrasi SK-nya dari KPU Kuningan,” jelasnya.

Pihaknya berharap keberadaan Relawan Demokrasi dapat berorientasi pada terciptanya partisipasi pemilih dalam Pilkada Kuningan tahun 2018. Sementara untuk Tenaga Pendukung dapat memicu peningkatan kinerja seluruh SDM di jajaran sekretariat KPU Kuningan.

“Proses rekrutmennya kami lakukan setransparan mungkin, dari mulai informasi awal sampai ke pengumuman akhir. Ini langkah awal kami dalam rangka mewujudkan Pilkada Serentak 2018 yang berkualitas dan tertib secara administrasi,” pungkasnya.***

Komentar

comments