KPU Sosialisasikan Persiapan Pengajuan Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota Kepada Parpol Peserta Pemilu 2019

KPU Sosialisasikan Persiapan Pengajuan Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota Kepada Parpol Peserta Pemilu 2019

Kuningan, Jumat 06 Juli 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Sosialisasi Pengajuan Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Dalam Pemilu 2019 Kamis (06/07/2018) di Hotel Grand Purnama Kuningan pada pukul 14.00 WIB s.d selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan Ondin Sutarman, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan Edi Heryadi, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kuningan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Perwakilan RSUD 45 Kuningan, Kasat Intelkam AKP Iwan Rasiwan, Kesbangpol Kabupaten Kuningan, beserta 16 Pimpinan Partai Politik Pemilu 2019 se-Kabupaten Kuningan.
Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten /Kota.

Mengawali kegiatan, Ketua KPU Kabupaten Kuningan membuka dengan penyampaian mengenai Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor  20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakklan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota kepada para peserta partai politik pemilu 2019.

Heni Susilawati juga menyampaikan tentang tahapan pengajuan pendaftaran calon Anggota DPRD yang diantaranya mulai tanggal 4 Juli – 17 Juli merupakan tahapan pengajuan pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Kuningan sesuai tingkatannya , hari ke 1 sampai hari ke 13, tanggal 4 – 16 Juli memiliki batas waktu pendaftaran mulai 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB, hari terakhir di tanggal 17 Juli memiliki batas waktu pendaftaran 24.00 WIB. Di internal KPU Kuningan sudah disiapkan tim yang akan menerima berkas dari 16 partai politik peeserta pemilu, KPU akan membagi 4 tim yang akan menangani partai politik yang berbeda, Juga KPU akan menyiapkan semacam Desk Pelayanan untuk melayani tahapan ini, juga untuk para partai politik KPU menghimbau untuk memastikan dengan baik para LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung sudah disiapkan dengan baik dan terakses dengan Silon serta di tanggal 4 – 17 Juli 2018 para calon memastikan seluruh kelengkapan syarat pencalonannya sudah disiapkan sebaik baiknya.

Selanjutnya setelah berkas diterima oleh KPU Kabupaten Kuningan, Berkas akan diverifikasi mulai tanggal 5 Juli s.d. 18 Juli 2018, kemudian dari hasil verifikasi itu nanti akan disampaikan kepada peserta partai politik pemilu mulai tanggal 19 s.d. 21 Juli 2018, kemudian ada tahapan perbaikan 22 s.d. 31 Juli 2018 , perbaikan tersebut akan di verifikasi lagi oleh KPU mulai tanggal 1 Agustus s.d. 7 Agustus 2018, di tahapan verifikasi perbaikan sudah menuju kedalam tahapan penyusunan dan penetapan daftar sementara Anggota DPRD Kabupaten/Kota dan juga Anggota DPRD RI mulai tanggal 8 s.d 12 Agustus 2018, kemudian  pengumuman DCS yang sudah ditetapkan akan diumumkan di media massa mulai tanggal 12, 13 dan 14 Agustus 2018 yang apabila partai politik mengajukan 100 % calon di 5 Dapil di Kabupaten Kuningan dengan total 50 Kursi x 16 Partai Politik akan ada 800 Calon Anggota DPRD yang akan di umumkan oleh KPU Kabupaten Kuningan di media massa, selanjutnya akan ada tahapan saran tanggapan dari masyarakat pada tanggal 12 s.d. 21 Agustus 2018.

Kemudian ketika diumumkan ada masukan dan tanggapan yang berkaitan dengan syarat – syarat calon, KPU akan melakukan klarifikasi kepada partai politik di mulai tanggal 22 s.d. 28 Agustus 2018, hasil verifikasi akan disampaikan kepada partai politik 29 s.d. 31 Agustus 2018, Kemudian sekiranya ada diantara  calon berdasarkan tahapan-tahapan tadi ada yang harus diganti, maka KPU akan menyampaikan pemberitahuan pengganti Daftar Calon Sementara (DCS) 1 September s.d. 3 September 2018, kemudian ada tahapan pengajuan penggantian bakal calon dalam DCS do tanggal 4 s.d. 10 September 2018, lalu ada verifikasi sampai nanti mendekati tahapan akhir yaitu penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) tanggal 14 s.d. 20 September 2018 yang merupakan puncak tahapan pencalonan, setelah DCT ini KPU akan menyiapkan persiapan pencetakan surat suara, yang dimana akan ada crosscheck (meninjak kembali) berulang – ulang agar tidak ada kesalahan penulisan nama bakal calon pada surat suara.

Dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 ini juga mengatur syarat keterwakilan perempuan yang harus tersebar dalam 5 Dapil 30 % di Kabupaten Kuningan, ada ketentuan di pasal 6 apabila tidak ada keterwakilan perempuan dalam dapil tersebut maka pencalonan tidak akan diterima.

“Sosialisasi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang sama antara pihak penyelenggara dan partai politik peserta pemilu, sehingga dalam tahapan pengajuan bakal calon  anggota DPRD kita dapat menunaikan seluruh tahapan dengan baik sesuai peraturan yang berlaku” tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya Komisioner KPU Kuningan Dadan Hamdani menyampaikan tentang Syarat Calon dan Syarat Pencalonan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Syarat Pencalonan itu diterbitkan oleh Pengurus Pimpinan Partai Politik, sedangkan untuk Syarat Calon lebih kepada syarat indvidu masing-masing calon, diantara syarat calon tersebut itu ada yang harus dilengkapi yaitu keterangan kesehatan jasmani dan rohani, untuk kesehatan jasmani dan rohani di fokuskan di RSUD 45 Kuningan, yang diketahui jumlah peserta sendiri 50 Kursi per dapil x 16 partai politik pemilu 2019 =  800 calon Anggota DPRD yang akan di cek keterangan sehat jasmani dan rohaninya, maka dari itu mekanisme nya dibahas dalam kegiatan sosialisasi tadi bersama para pimpinan partai politik peserta pemilu 2019, dan dihasilkan kesepakatan bahwa jadwal cek kesehatan jasmani dan rohaninya ditentukan oleh KPU Kuningan. Adapun jadwal pengecekan akan dibagi dua sesi, pertama mulai pada Sabtu 07 Juli 2018 yang akan di ikuti 8 partai politik, lalu sesi kedua Senin 09 Juli 2018 juga akan diikuti 8 Partai Politik. Lalu untuk pemeriksaan bebas narkoba bisa dilakukan di RSUD 45 Kuningan ataupun bisa juga dilakukan di BNN Kabupaten Kuningan, serta terkait syarat lain yang harus dipenuhi seperti Surat Pengadilan Negeri, SKCK dari Polres, Surat keterangan dari kejaksaan negeri apabila pernah terpidana ringan itu harus disertakan dalam pengajuan pendaftaran pengajuan bakal calon Anggota DPRD Kabupaten Kuningan.

“Bahwa segala persyaratan pencalonan dan syarat calon dapat dipenuhi dan disiapkan tepat waktu oleh para calon dan semua partai politik karena pendaftaran akan ditutup pada  17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB, kami berharap sekali tidak ada kendala dalam persyaratan ini, karena akan berdampak dapat diterima atau tidaknya calon atau parpol tersebut, juga agar prosesi dalam pengajuan persyaratan ini dapat tertib, teratur dan kondusif.” tutur Dadan Hamdani.

Setelah persyaratan selesai data tersebut di input oleh Operator Silon yang dimana diketahui masing-masing parpol memiliki Operator Silon, setelah di input berkas dimasukan ke KPU, Terakhir sebelum acara di tutup oleh Heni Susilawati Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Dadan hamdani menyampaikan himbauan kepada para calon melalui parpol atau LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung dalam pengajuan berkas persyaratan,  sebelumnya data sudah di verifikasi kevalidan dokumennya terlebih dahulu dan sudah fix agar nanti tidak ada perbaikan lagi atau kekurangan dan seterusnya. ***

Komentar

comments