KPU : Paslon Serahkan Berkas LPPDK Tepat Waktu

KPU : Paslon Serahkan Berkas LPPDK Tepat Waktu

Kuningan, Minggu 24 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan hari ini (24/06) menerima Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) dari setiap pasangan calon baik nomor urut 1, 2 dan 3. Penerimaan LPPDK diterima langsung oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Kasubag Hukum Dedi Fristiadi, penyerahan juga disaksikan langsung oleh Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan Endang dan Eka Hamdani.

Batas waktu penyerahan jatuh pada hari ini Minggu (24/06/2018) dengan pengumpulan paling lambat pada pukul 18.00 WIB, hal ini sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 tahun 2017 tentang Dana Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Proses Penyerahan LPPDK hari ini berjalan lancar dan tepat sesuai dengan waktu yang ditentukan, dimana masing-masing LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon mengumpulkan berkas LPPDK sebelum  pukul 18.00 WIB. LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 menyerahkan berkas pada pukul 14.20 WIB, LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 2 menyerahkan berkas pada pukul 16.50 WIB, dan terakhir LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 3 menyerahkan berkas pada pukul 17.03 WIB.

Adapun Berkas LPPDK yang diserahkan diantaranya LPPDK-1 PARPOL (Asersi Atas LPPDK), LPPDK-2 PARPOL (Laporan Keseluruhan), LPPDK-3 PARPOL (Daftar Aktivitas Pengeluaran), LPPDK-4 PARPOL (DAFTAR SALDO), LPPDK-5 PARPOL (Laporan Penerimaan Sumbangan), Lampiran LPPDK5-PARPOL (Daftar Penerimaan Sumbangan), Surat Pernyataan Penyumbang Pihak Lain Perseorangan, Surat Pernyataan Penyumbang Pihak Lain Kelompok, dan Surat Pernyataan Penyumbang Pihak Lain Bidang Swasta.

Setiap paslon akan di audit oleh satu KAP, yang diantaranya  LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon Nomor Urut 1 diaudit oleh KAP Sugiono Paulus, S.E. Ak., MBA., LO (Liaison Officer)/ Tim Penghubung Pasangan Calon Nomor Urut 2 diaudit  oleh KAP Eko Budi Prasetyo, dan LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon Nomor Urut 3 diaudit oleh KAP Saeful Anwar.

Berkas LADK, LPSDK, dan LPPDK yang diterima oleh KPU Kabupaten Kuningan selanjutnya akan diserahkan kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) pada Senin 25 Juni 2018 untuk dilaksanakan pengauditan berkas dengan waktu kerja selama 15 hari, terhitung mulai tanggal 25 Juni 2018 s.d. 9 juli 2018, lalu pada tanggal 10 Juli 2018 Kantor Akuntan Publik (KAP) akan menyerahkan hasil audit kepada KPU Kabupaten Kuningan, dan selanjutnya hasil audit tersebut akan KPU serahkan kepada setiap Pasangan Calon dan juga akan di umumkan kepada publik dalam rentan waktu 3 hari yakni terhitung mulai tanggal 11 Juli s.d. 13 juli 2018.

“Alhamdulillah penyerahan berkas  dari mulai LADK, LPSDK, dan LPPDK oleh setiap LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan calonberjalan lancar dan sangat mematuhi regulasi yang ada terkait waktu penyerahan berkas, hal ini bisa terjadi karena antara pihak KPU dan LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Pasangan Calon  sebelumnya sudah menjalin komunikasi yang baik terkait dokumen-dokumen yang harus disiapkan oleh masing-masing LO Pasangan Calon.” tutur Jajang Arifin Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum.

Komentar

comments