KPU Mantapkan Persiapan Agen Sos Dalam Tahapan Tungsura Pilkada

KPU Mantapkan Persiapan Agen Sos Dalam Tahapan Tungsura Pilkada

Kuningan, Jum’at 22 Juni 2018. menjelang H-6 Pilkada Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi bersama Agen Sosialisasi KPU Kuningan Kamis (21/06/2018) di RM.Lembah Ciremai Kuningan pada pukul 10.00 WIB s.d Selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Kasubag Teknis dan Hubmas Jajang Jamaludin, serta Agen Sosialisasi se-Kabupaten Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam kegiatan tersebut Heni Susilawati menuturkan rasa terima kasih nya kepada Agen Sosialisasi yang sudah bekerja keras mensosialisasikan Pilkada Serentak 2018 kepada pemilih,  karena dengan adanya Agen Sosialisasi di 32 Kecamatan se-Kabupaten Kuningan ini dapat mempermudah kinerja KPU dalam rangka mensosialisaikan pilkada kepada pemilih di desa/kelurahan, yang  diketahui juga metode penyampaian sosialisasi oleh Agen Sos sendiri berbasis door to door dan kekeluargaan sehingga dalam proses pemberian edukasi dinilai sangat efektif.

Lalu selanjutnya Heni juga menghimbau kepada Agen Sos untuk dapat memaksimalkan sosialisasi kepada pemilih di kurun waktu 6 hari terakhir menuju penyelenggaraan Pilkada Serentak Rabu 27 Juni 2018, yakni diantaranya memaksimalkan penyampaian sosialisasi bagaimana tata cara mencoblos surat suara yang sah, mengenalkan Visi, Misi, dan Program Kerja 4 pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, serta Pengenalan Visi, Misi, dan Program Kerja 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan secara adil dan tidak ada unsur keberpihakan, selanjutnya mengenai sosialisasi pemberian pencerahan kepada para pemilih agar bersemangat dan ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam gelaran Pilkada Serentak Rabu 27 Juni 2018 guna tercapainya tingkat partisipasi pemilih 77,5 % di Kabupaten Kuningan.

“Terus optimalkan edukasi kepada pemilih dalam sisa waktu menuju penyelenggaran Pilkada Serentak 27 Juni 2018, pematangan sosialisasi di kurun waktu terakhir ini juga memiliki harapan bahwa tingkat suara sah dan tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Kuningan dapat meningkat.” tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya penyampaian Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi menyampaikan tentang hal-hal yang harus dipersiapkan mengenai strategi sosialisasi kepada pemilih jelang bergulirnya tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018. dimana didalam penyampaiannya terdapat beberapa strategi pemberian edukasi tentang pemilihan kepada masyarakat, memyampaikan kepada pemilih terkait hal teknis dan administrasi ketika hendak menggunakan Hak Pilihnya dalam Pilkada, Bagaimana Agen Sos memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih disabilitas, bagaimana memperlakukan pelayanan yang baik juga terhadap lansia dan ibu hamil, serta bagaimana teknis tahapan setelah rekapitulasi usai dilakukan, bagaimana teknis penetapan pasangan calon baik cagub dan cawagub serta cabup dan cawabup, serta treatment yang lainnya terhadap pemilih, dan selanjutnya penyampaian terkait kegiatan terdekat yaitu Dzikir Akbar pada tanggal 23 Juni 2018 dan Doa Bersama pada tanggal 25 Juni 2018 dimana Agen Sos dilibatkan dan diundang pada kegiatan teraebut

Selanjutnya Asfa panggilan akrab dari Asep Z. Fauzi menyampaikan bahwa ketika di TPS nanti Agen Sos diharapkan dapat bekerja secara fleksibel selain menunaikan fungsi dan tugas nya, seperti dapat bersinergi dengan PPK dalam tahapan tungsura nantinya, guba meringankan dalam menyelesaikan tugas di tingkatan penyelenggara.

“Terus lakukan optimalisasi sosialisasi baik sebelum pemilihan maupun sesudah pemilihan kepada masyarakat, guna mentuntaskan hak politik masyarakat dalam tahapan Pilkada Serentak 2018 ini, juga Agen Sos juga diharapkan dapat bersinergi dengan penyelenggara di tingkat kecamatan yaitu PPK ketika tahapaan Tungsura nanti agar kegiatan nanti dapat berjalan lancar dan sukses tanpa ekses” tutur Asep Z. Fauzi.***

Komentar

comments