KPU LUNCURKAN FORM PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH UNTUK LINDUNGI HAK PILIH

KPU LUNCURKAN FORM PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH UNTUK LINDUNGI HAK PILIH

https://bit.ly/2yG6qzN

KPU Kabupaten Kuningan terus melakukan berbagai langkah evaluasi Pemilu 2019. Salah satu hasil evaluasi yang jadi perhatian adalah masih ada pemilih yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk itu, diimplementasikan kebijakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB). KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan di daerah. PDPB sendiri dilakukan secara berkala dan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih meskipun KPU Kuningan tidak sedang menghadapi tahapan pemilihan, ditambah sekarang masa Pandemi KPU berikhtiar agar lebih kreatif dan inovatif kembali dalam pendataan dengan tidak mendata secara bertemu langsung/ bertatap muka.

 Sebagai dasar data pemutakhiran. data ini diantaranya terkait dengan penduduk yang :

  • Pindah atau datang,
  • Pemilih pemula,
  • Perubahan identitas,
  • Perubahan status pekerjaan menjadi TNI/POLRI, -Perubahan alamat,
  • dan
  • Data kematian (Meninggal).

Dalam hal ini KPU Kuningan akan terus berkoordinasi dengan KPU pusat, Jabar bahkan dengan Disdukcapil Kabupaten Kuningan,” Dasar Hukum Pemutakhiran Daftar Pemilih terdapat dalam UU no 7 tahun 2017, PKPU No.11 taholun 2018, Surat KPU RI dsb. Kata asep budi hartono sebagai ketua divisi Perencanaan data dan informasi

Untuk efektifitas Pemutakhiran Daftar Pemilih, KPU Kuningan membuka layanan pengaduan masyarakat.

Pengaduan/pelaporan data terbaru tersebut dapat disampaikan langsung ke kantor KPU Kabupaten Kuningan di (jalan Jend. Sudirman)

atau mengisi formulir secara online yang disediakan di website dengan mengklik link google form https://bit.ly/2yG6qzN

dalam proses ini, masyarakat bisa berpartisipasi aktif demi mewujudkan data pemilih yang mutakhir dan berkualitas untuk data di pemilu selanjutnya dengan kerjasama pemanfaatan NIK, data kependudukan, dan KTP elektronik.

PDPB ini sangat penting. Karena pertama, untuk memperoleh data yang akurat, mutarlih, komprehensif, inklusif. Kedua, untuk memelihara data secara continue. Ketiga, agar data yang ada terkoordinasi dengan dinas terkait.

Begitupun para perantau dari kalangan mahasiswa HMKI & cabang”, pemuda, pedagang dll perlu disampaikan data diri utk pemutakhiran melalui link yg telah disebutkan diatas.

Mari kita sama sama melaporkan data diri kita dan mengedukasi masyarakat terdekat kita utk dilaporkan kepada KPU Kab.Kuningan demi Efektifitas Pemutakhiran Daftar Pemilih, akan dijamin keamanannya oleh KPU Kab.Kuningan dan selalu di awasi oleh Bawaslu Kab. Kuningan.

Komentar

comments