KPU Kuningan Verfak Partai Politik Pasca Putusan MK

KPU Kuningan Verfak Partai Politik Pasca Putusan MK

Kuningan, Jumat 2 Februari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan melakukan verifikasi keanggotaan partai politik. Hari ini (2/2), KPU Kabupaten Kuningan sesuai dengan surat nomor: 70/PL.01.1-SD/3208/KPU-Kab/I/2018 tentang Pemberitahuan Verifikasi Faktual Keanggotaan dan Kepengurusan Partai Politik telah membagi tim verifikator ke dalam 5 tim.

Tim yang mengunjungi Partai Golkar, Demokrat, dan Perindo yaitu Heni Susilawati, Dedi Fristiadi, Suga Utama, Dede Kurniadin, M Mucholidin, dan Riris Ristiani. Tim yang mengunjungi Partai Nasdem, Hanura, dan PAN yaitu Asep Z Fauzi, Asep Pepen Ruspendi, Rahmat Taofik, Sumarno, Ade Kusnandar, dan Popi Nuliah.

Tim yang mengunjungi Partai PDIP, PSI, dan Gerindra yaitu Dadan Hamdani, Dudung Abdul Rokhman, Oban Sarbini, Karmiati, Adi Sucipto. Tim yang mengunjungi PKS, PKB, dan Garuda yaitu Agus Ismail Yaqub, Jajang Jamaludin, Jaja Zaenal Arifin, Karmiati, dan Yan Ferdiansyah. Tim yang mengunjungi PKPI, PBB, dan PPP yaitu Jajang Arifin, Upi Shopian, Iwan Hernawan, Toto Saptori, dan Rismayanti.

Verifikasi keanggotaan dan kepengurusan partai politik dilakukan dengan cara menghadirkan anggota dan pengurus kemudian mengecek KTP serta KTAnya. Selain itu verifikasi pun meliputi jumah keterwakilan perempuan 30% dalam kepengurusan dan dokumen tempat sekretariat partai politik untuk tingkat kabupaten/ kota.

“Ada pun waktu verifikasi yang dilakukan oleh tim verifikator KPU Kabupaten Kuningan terhitung sejak tanggal 30 Januari s.d. 1 Februari 2018. Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2019, Penyampaian hasil verifikasi kepengurusan dan keanggotaan DPC Partai Politik oleh KPU/ KIP Kabupaten/ Kota kepada DPC Partai Politik dilakukan tanggal 2 Februari 2018.” tutur Jajang Arifin, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Hukum.

Jajang kemudian menjelaskan untuk informasi tentang hasil verifikasi partai politik, secara resmi KPU Kabupaten Kuningan akan mengumumkannya sore ini (2/2). Apabila pasca panyampaian hasil verifikasi tersebut masih ada yang harus diperbaiki, maka partai politik berhak memperbaikinya terhitung sejak tanggal 3 s.d. 5 Februari 2018.***

Komentar

comments