KPU Kuningan Verfak Parpol di Kecamatan Cigugur

KPU Kuningan Verfak Parpol di Kecamatan Cigugur

Kuningan, Selasa 19 Desember 2017. Pasca dilepasnya tim verifikator keanggotaan partai politik kemarin Senin (18/12) oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, hari ini (19/12) tim verifikator masih terus melanjutkan tugasnya di lapangan.

Sejak pukul 08.00, tim verifikator yang terdiri dari Kasubag Hukum Dedi Fristiadi dan Suga Utama turun ke wilayah Kecamatan Cigugur untuk memverifikasi keanggotaan Parpol PSI yang sebarannya ada di sana. Dedi dan Suga langsung didampingi oleh Heni, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cigugur Iwan dan Yaya, beserta Staf Panwaslu Kabupaten Kuningan.

Sebelum berangkat ke lapangan, Heni mengingatkan kembali agar tim verifikator siap dengan kelengkapan verfak dari mulai id card verifikator, fotokopi KTP dan KTA yang akan diverifikasi, fotokopi lampiran F2 SIPOL, Daftar Nama Sampling, Surat Tugas, dan Lampiran 4 Model BA.FK.KPU.KAB/KOTA-PARPOL.

Mula-mula, Heni dan tim verifikator mengunjungi salah satu rumah warga yang berada di lingkungan Kamukten Cigadung, selanjutnya ke cantilan Mandala Jaya Dusun Dano Cisantana, Sukamulya, dan wilayah lainnya yang termasuk ke dalam teritorial Kecamatan Cigugur.

“Supervisi ini saya lakukan untuk memastikan bahwa tim verifikator bekerja sesuai dengan regulasi dan porsinya. Untuk tugas tim verifikator KPU telah diatur dalam PKPU No 11 Tahun 2017 dan Keputusan KPU RI No 174/HK.03.1-Kpt/03/KPU/X/2017.  Setiap tugas yang dilakukan pastilah ada payung hukum yang memayunginya. Kita tidak bisa bermain-main dengan aturan. Semua yang berbasis hukum pastilah berakhir dengan sanksi jika tidak dilaksanakan.” tutur Heni.

Kemudian Heni menyampaikan bahwa bagaimana pun kondisi di lapangan, tim verifikator harus tetap berikhtiar untuk menemui warga yang terkena sebagai sampel di kegiatan verifikasi faktual keanggoatan parpol.***

Komentar

comments