KPU Kuningan Tingkatkan Kualitas PPK

KPU Kuningan Tingkatkan Kualitas PPK

Kuningan, 24 November 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah menggelar Bimtek dan Simulasi Mekanisme Verifikasi Calon Perseorangan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada hari Selasa s.d. Rabu 21 s.d. 22 November 2017 yang bertempat di Hotel Horison Kuningan. Hadir seluruh Ketua PPK dan Divisi Teknis se-Kabupaten Kuningan dalam acara tersebut untuk menimba ilmu dan pengalaman dari narasumber. Heni Susilawati selaku Ketua KPU Kabupaten Kuningan dan Dadan Hamdani selaku Komisioner KPU Kuningan, Divisi Teknis, Perancangan dan Data hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Ada pun latar belakang pelaksanaan bimtek tersebut yakni melaksanakan undang-undang Pilkada dan PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota.

Penyelenggaraan bimtek tersebut untuk memberikan pemahan yang utuh kepada penyelenggara pilkada tentang tata cara dan pelaksanaan verifikasi calon perseorangan,  agar penyelenggara dalam melaksanakan tugas nya profesional, transfaran dan penuh rasa tanggung jawab.

“Fokus kegiatan kali ini adalah untuk mengenalkan dan memahamkan SILON (Sistem Informasi Pencalonan), karena aplikasi SILON ini baru diterapkan dalam pilkada di Kuningan dan meningkatkan pemahaman penyelenggara terhadap pkpu nomor 15 tahun 2017 tentang pencalonan” tutur Dadan.

Pelaksanaan bimtek berlangsung kondusif dan efektif. Hal tersebut sesuai dengan alur dan metode yang telah disiapkan serta mampu diterapkan saat bimtek, yakni metode bridge, diskusi, simulasi, ceramah (pemaparan).

“Saya kira bimtek kali ini berhasil. Hal tersebut ditandai oleh kemampuan peserta menjelaskan materi pada saat diskusi dan simulasi serta peserta mampu menyelesaikan soal-soal yang diberikan pada sesi terakhir sesi bimtek.” tutur Dadan.

Selanjutnya Dadan menyampaikan harapannya kepada peserta bimtek yakni mampu menjabarkan dan mengimplementasikan hasil bimtek terutama PKPU yang mengatur tentang pencalonan.***

Komentar

comments