KPU Kuningan Tetapkan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih DPRD Kuningan

KPU Kuningan Tetapkan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih DPRD Kuningan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan Sabtu Tanggal 27 Juli 2019 bertempat di Hotel Grage Sangkanhurip, menggelar rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Kursi partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih DPRD Kabupaten Kuningan pada Pemilu Tahun 2019.

Rapat Pleno tersebut digelar berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum serta merujuk pada jadwal dan tahapan penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih pemilu tahun 2019 sebagaimana dimaksud dalam PKPU No. 14 Tahun 2019 tentang perubahan Kelima atas peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 serta memperhatikan putusan Mahkamah Konstitusi tanggal 22 Juli tahun 2019 perihal tidak dilanjutkan perkara perselisihan hasil pemilu dengan nomor perkara 47-14-12/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 dan 156 -02-12/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019.

Menurut Maman Sulaeman Ketua Divisi Teknis Penyelanggaraan Pemilu, Rapat Pleno Dimulai Pukul 19.30 Wib pelaksanaan Rapat Pleno Penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dihadiri oleh seluruh Stakeholder baik dari unsur Forkopimda, Komisioner KPU Jabar, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kuningan, Pengurus Partai Politik dan Saksi Partai Politik. Alhamdulillah pelaksanaan rapat pleno ini berjalan dengan lancar dan peserta pemilu atau saksi yang hadir selama proses sidang pleno tidak ada pernyataan keberatan sampai ditetapkannya Perolehan kursi dan Calon terpilih.

Seluruh hasil Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih dituangkan dalam 5 Dokumen Model E. dapat dilihat di Papan Pengumuman kantor KPU dan Website: https://kpu-kuningankab.go.id/ alhamdulillah KPU Kabupaten Kuningan telah menetapkan Perolehan Kursi dan calon terpilih Tutur Maman, 50 orang calon terpilih DPRD Kabupaten Kuningan.

Karena sudah ada penetapan perolehan kursi dan Calon Terpilih, untuk selanjutnya KPU Kabupaten Kuningan akan segera mengusulkan nama nama calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Kuningan kepada Gubernur Provinsi Jawa Barat melalui Bupati Kuningan guna keperluan pengucapan sumpah janji Anggota DPRD Kabupaten Kuningan. Menurut Maman Sulaeman, mengenai kapan pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD Kuningan? bukan lagi tugas KPU Kuningan, Hal tersebut sudah menjadi ranah kewenangan Pemerintah Daerah dan dilaksanakan pada tanggal berakhirnya masa jabatan 5 (lima) tahun Anggota DPRD yang lama periode sebelumnya berpedoman pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Komentar

comments