KPU Kuningan terima Kunjungan Sekjen KPU RI

KPU Kuningan terima Kunjungan Sekjen KPU RI

Kuningan, 10 Februari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan hari ini (10/2) menerima kunjungan dari Sekretaris Jendral Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Ir. Arif Rahman Hakim, MS., beserta jajarannya dalam rangka Monitoring Penyelenggaraan Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pengelolaan Biaya Anggaran. Awal kegiatan Sekjen KPU RI beserta Jajaran mengikuti monitoring coklit dengan Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati beserta PPK, PPS dan PPDP di Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, kegiatan  coklit dilakukan di dua desa di Kecamatan Pasawahan, yaitu Desa Cidahu dan Desa Padabeunghar. Setelah melakukan coklit Sekjen KPU RI melakukan kunjungan ke Kebun Raya Kuningan beserta Ketua KPU Kuningan dan jajarannya.

Selanjutnya setelah tahapan monitoring coklit selesai, Sekjen KPU RI beserta jajarannya menuju ke KPU Kabupaten Kuningan dan melakukan kegiatan Diskusi Santai di Aula KPU Kuningan, acara tersebut dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Acara diskusi ini membahas tentang pelaksaanaan penyelenggaraan Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018  dan mengenai Pengelolaan Biaya Anggaran, kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekjen KPU RI Ir. Arif Rahman Hakim, MS. beserta jajarannya, Ketua KPU Kuningan Heni Susilwati, Sekretaris KPU Kuningan Upi Sopyan, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Umum,Keuangan dan Logistik Agus Ismail Yaqub, beserta jajaran Staff KPU Kuningan yang lain.

Kegiatan diskusi dibuka oleh Sekretaris KPU Kuningan Upi Sopyan. Upi mengatakan kepada biro keuangan bahwa sebelumnya telah melaksanakan  kegiatan bimbingan teknis kepada sekretaris dan pengelola keuangan di tingkat kecamatan sesuai dengan PKPU Nomor 88 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pengelolaan, Penyaluran, dan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Dana Hibah untuk Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati dan/atau Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, dan keputusan ini telah di ubah menjadi Keputusan KPU Nomor 202. Lalu Upi mengatakan apabila terjadi kekurangan informasi berkaitan tentang pengelolaan dana, badan pengelolaan keuangan pun membuat Grup yang nantinya semua pertanyaan akan di balas oleh badan pengelola keuangan melalui Grup Whatsapp. Upi mengatakan kepada biro keuangan dari Jakarta bahwa Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang telah diterimakan dan atas penggunaan tersebut  untuk Desember 100 % sudah tersampaikan, dan untuk bulan Januari 70 % sudah tersampaikan.

Selanjutnya Ketua KPU Kuningan memberikan ucapan terima kasihnya dan menyambutnya dengan sangat baik atas kunjungan Sekjen KPU RI beserta jajarannya ke KPU Kabupaten Kuningan, Lalu berkaitan dengan Keputusan Dana HIbah Pilkada Heni menyampaikan bahwa mengenai fasilitas dari mulai Komputer dan sebagainya tercukupi dengan baik. Berikutnya Heni menyampaikan bahwa nanti tanggal 12 februari 2018 akan ada Penetapan Bakal Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon , yang sebelumnya tanggal 8,9,10 Januari telah dilakukan Pendaftaran Pasangan Calon. Pasangan calon di daerah Kabupaten Kuningan terdiri dari 3 pasangan Calon dari Partai Politik atau Gabungan Partai Politik. di tangal yang sama tanggal 12 juga akan dilakukan Uji Publik soal Daerah Pemilihan,  setelah sebelumnya melakukan Bimbingan Teknis,Rapat Koordinasi dan sebagainya.Arah Dapil di Kabupaten Kuningan sendiri terdiri dari 5 Daerah Pemilihan. Lalu  selanjutnya di tanggal 13 Januari Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, rangkaian kegiatan ini sesuai dengan PKPU Nomor 1 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018.

“Saya sangat mengharapkan keseluruhan rangkaian kegiatan di tahapan Pilkada Serentak ini bisa  berjalan Lancar, Semarak, Sukses dan Damai,.” tutur Heni.

Selanjutnya Sekjen KPU RI Ir. Irfan Hakim, Ms., mengungkapkan apresiasinya atas pekerjaan yang sudah dilakukan oleh kawan-kawan satuan kerja KPU Kabupaten Kuningan yang dinilai sudah cukup baik berkaitan dengan Tahapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak di tahun 2018 ini, Irfan pun mengatakan bahwa dari kunjungannya 6 bulan yang lalu , KPU Kuningan dinilai sudah mengalami beberapa kemajuan yang signifikan dari segi fasilitas dan sebagainya. Lalu Irfan menyampaikan beberapa informasi penting diantaranya terkait dengan pergantian kepemimpinan baik dari tingkatan Provinsi maupun Kabupaten/Kota, mulai bulan depan terutama adanya perekrutan komisioner di KPU Provinsi Jawa Barat yang mungkin aga sedikit mengganggu dan mengurangi konsentrasi jalannya tahapan di penyelennggara karna masing masing Komisioner yang ada di daerah pasti akan mengikuti proses tersebut,selanjutnya berkaitan dengan Sekretaris KPU Kuningan yang akan memasuki masa purnabaktinya dalam waktu dekat, sekjen mengharapkan kepada komisioner sendiri untuk mengkader dan selalu siap ketika ada yang memasuki purna bakti, jika anggotanya bisa mengkader pemimpinya yang memasuki masa purnabakti, masa transisi pun pasti akan berjalan dengan lancar dan baik.

Pada akhir acara Ketua KPU Kuningan beserta Komisioner KPU Kuningan memberikan Plakat dan Suvenir kepada Sekjen KPU RI beserta Jajarannya.***

 

 

Komentar

comments