KPU Kuningan Terima Kunjungan Petugas Lapas

KPU Kuningan Terima Kunjungan Petugas Lapas

Kuningan, 15 Januari 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan terima kunjungan petugas Lembaga Pemasyarakatan Kuningan. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Data dan Informasi Asep Budi Hartono, Kasubag Program dan Data Dudung Abdul Rokhman, dan Staf Fungsional Toto Saptori.

Ada pun maksud kunjungan tersebut yakni untuk mengabarkan bahwa pertanggal 17 Januari 2019 melakukan rekam cetak KTP-el bagi narapidana/ tahanan di Lapas.  Hal tersebut disampaikan oleh Pak Aan (Bimkesmaswat Lapas Kuningan) sebagai tindak lanjut atas Surat Kemendagri Nomor: 471.13/539/Dukcapil tanggal 10 Januari 2019 tentang Gerakan Nasional Jemput Bola Serentak Perekaman KTP-al di Lapas/Rutan dan Surat Kemenkumham Nomor: PAS-UM.01.0-08.

“Dalam surat tersebut, salah satu poinnya kami pihak lapas diminta untuk membentuk tim kegaitan rekam cetak KTP-el bagi narapidana/ tahanan untuk melakukan persiapan, berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah masing-masing.” tutur Aan.

Selain itu, Aan menuturkan bahwa intruksi lainnya yakni dalam kegiatan tersebut mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) untuk menghadiri kegiatan tersebut. Lapas juga akan berkoordinasi dengan TNI dan Kepolisian untuk menjaga kondisi yang aman dan tertib.

“Berkenaan dengan kegiatan yang akan digelar oleh Lapas Kuningan, kami KPU telah menerima kabarnya. Hal tersebut sesuai dengan surat Lapas Kelas II A Kuningan Nomor: W11.PAS.PAS.5.UM.01.01-89. KPU Kabupaten Kuningan dengan senanga hati mendukung kegiatan yang positif tersebut. Itu artinya, hak konstitusional warga tetap terjaga sehingga dapat turut serta berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu 17 April 2019 mendatang.” tutur Asep Budi Hartono.***

Komentar

comments