KPU Kuningan Terima Kunjungan Karang Taruna Desa Cidahu

KPU Kuningan Terima Kunjungan Karang Taruna Desa Cidahu

Kuningan, 7 Desember 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menerima kunjungan Karang Taruna Desa Cidahu di Aula KPU Kabupaten Kuningan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z Fauzi, Ketua PPK Cidahu, Kepala Desa Cidahu, dan Karang Taruna Cidahu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan kali ini dengan tema kegiatan Karang Taruna Desa Cidahu, Siap menjadi Pelopor Pemuda Anti Golput di Pilkada Serentak Tahun 2018. Paling tidak ada beberapa jenis golput, yakni golput administrasi, teknis, dan ideologis. Yang paling bahaya itu, golput ideologis. Itu artinya masyarakat sebagai pemilih sudah tidak percaya lagi dengan pemilihan dan memandang bahwa pemilihan sama sekali tidak ada gunanya.” tutur Heni.

Heni kemudian menjelaskan bahwa jika krisis kepercayaan itu ada, salah satu jalan keluarnya adalah mari menempatkan Pilkada sebagai kepentingan bersama sebagai jalan untuk memilih pemimpin Kuningan di masa yang akan datang.

“Selain golput, ihwal lain yang harus diperhatikan adalah tindak money politics. Cara untuk menghentikan hal tersebut hanya dengan cara putus hubungan. Dengan cara menghentikan permintaan, maka tidak akan ada lagi permberian. Begitu pun sebaliknya, hentikanlah pemberian, maka tidak akan ada yang diterima. Semuanya harus sama-sama berikhtiar untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas tanpa money politics.” tutur Heni.

Asep Z Fauzi menjelaskan bahwa payung hukum dalam penyelenggaraan pemilu yakni UU No 10 Tahun 2016 yang merupakan perubahan kedua atas UU No 1 tahun 2015 yang perubahan pertamanya adalah UU No 8 Tahun 2015.

“Dalam waktu dekat KPU Kuningan juga akan membentuk PPDP. PPDP ini ibarat striker yang tugasnya untuk mencetak gol. Maksudnya jika PPDP berhasil melaksanakan tugas dalam pemutakhiran daftar pemilih, maka kesuksesan Pilkada ihwal partisipasi pemilih akan meningkat. Meskipun sampai saat ini belum ada pengumuman resmi tentang rekrutmen PPDP tapi silakan masyarakat dapat menggali informasi terkait rekrutmen dan tugas PPDP.” tutur Asep.

Komentar

comments