KPU Kuningan Temui Guru TK di Luragung

KPU Kuningan Temui Guru TK di Luragung

Kuningan, 15 Maret 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah menemui Ikatan Guru TK Cabang Luragung. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam, Kasubbag Teknis dan Hupmas Jajang Jamaludin, dan seluruh Kepala Sekolah TK yang ada di wilayah Cabang Luragung.

“Karena dilaksanakan bersamaan, maka ada lima surat suara yang harus anda coblos pada pemilihan Rabu, 17 April 2019 mendatang. Pertama, surat suara warna abu-abu untuk pemilihan presiden. Kedua, surat suara warna kuning untuk anggota DPR. Ketiga, surat suara warna biru untuk pemilihan legislatif DPRD Provinsi. Keempat, surat suara warna hijau untuk pemilihan legislatif kabupaten atau kota. Terakhir, surat suara berwarna merah untuk pemilihan legislatif DPD.” tutur Dudung dihadapan Para Guru.

Dudung kemudian menjelaskan bahwa ketentuan untuk mencoblos kelima surat suara tersebut pun telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pada surat suara pilpres, ketentuannya harus mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusung dalam satu kotak di surat suara.

Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam saat menjelaskan mengenai tata cara pencoblosan.

Kemudian, surat suara DPR ketentuannya mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPR. Sementara surat suara Pileg DPRD Provinsi, ketentuannya mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPRD Provinsi.

Selanjutnya, untuk surat suara Pileg Kabupaten atau Kota, mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPRD Kabupaten/Kota. Terakhir, surat suara Pileg DPD ketentuannya mencoblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon untuk Pemilu anggota DPD. Surat suara caleg DPD disertai dengan foto calon, tidak seperti caleg DPR/DPRD yang hanya daftar nama.

Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 PKPU 10 Tahun 2018 bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program Pemilu; untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam Pemilu; dan  untuk meningkatkan partisipasi Pemilih dalam Pemilu. Dengan menemui para Kepala Sekolah TK kami berharap pasca acara dapat tutur serta menyampaikan informasi kepemiliuan di lingkungan tempat tinggal atau pun di lingkungan kerjanya.” tutur Dudung di akhir wawancara.***

Komentar

comments