KPU Kuningan: Sukses Mutarlih Sukses PIlkada

KPU Kuningan: Sukses Mutarlih Sukses PIlkada

Kuningan, 17 Desember 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan gelar Bimbingan Teknis Persiapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur an Wakil Gubenur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 bertempat di Hotel Montana Kuningan. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut terhitung sejak tanggal 16 s.d. 17 Desember 2018 dan diikuti oleh 64 orang peserta yang terdiri dari Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Divisi Teknis PPK seKabupaten Kuningan.

Hari pertama (16/12), peserta bimtek telah mendapatkan pengetahuan tentang alur pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih serta tanggal-tanggal penting dalam tahapan mutarlih oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati. Selanjutnya Panduan Tugas PPDP oleh Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, dan Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Asep Z Fauzi yang memberikan pemaparan sekaligus simulasi tentang Potensi Masalah dalam tahapan Mutarlih menggunakan metode bridge.

Hari kedua (17/12), pukul 08.00 WIB kegiatan bimtek diawali dengan absensi peserta oleh Ketua KPU Kuningan. Hal tersebut menurutnya untuk menumbuhkan kedisiplinan penyelenggara dalam mengikuti seluruh tahapan Pilkada, termasuk mengikuti bimtek dan segala proses di dalamnya. Kehadiran peserta bimtek ke dalam forum merupakan salah satu indikator untuk mengukur kesiapan penyelenggara pemilihan.

“Dalam melaksanakan tugasnya, PPDP harus turun langsung ke lapangan untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit). Tidak boleh ada yang meneba-nebak di belakang meja ketika melakuan coklit. semua masyarakat Kuningan yang telah memenuhi syarat menggunakan hak pilih harus dilayani sepenuh hati dalam memeroleh dan menjalankan haknya dalam menentukan pilihan.” tutur Heni.

Selanjutnya, Dadan Hamdani memimpin langsung simulasi pencocokan dan penelitian dengan memberikan studi kasus kepada peserta bimtek yang telah dikelompokan perdapil. Simulasi tersebut kemudian di akhiri dengan presentasi peserta atas analisis terhadap contoh kasus yang telah diberikan oleh Dadan.

Untuk mengetahui keterserapan materi sejak hari pertama sampai kegiatan berakhir, peserta dievaluasi kemampuan kognisinya secara tertulis melalui jenis soal pilihan ganda dan benar-salah. Dari 64 orang peserta, keluarlah 11 orang terbaik yang memeroleh nilai paling tinggi dan berhak mendapatkan reward yang telah disiapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan.

“Mari optimalkan segala potensi untuk menyukseskan tahapan Mutarlih. Semoga segala ikhtiar ini dapat menguatkan kita semua untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2018. Jaga soliditas. Fokus terhadap segala kelebihan yang ada. Jadikan setiap peristiwa sebagai kesempatan kita semua untuk naik kelas.” tutur Heni***

Komentar

comments