KPU Kuningan Sosialisasikan Pilkada Kepada Kelompok Keagamaan

KPU Kuningan Sosialisasikan Pilkada Kepada Kelompok Keagamaan


Kuningan, Senin 04 Juni 2018. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak merupakan sebuah ajang bagi masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk menentukan pemimpin daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten,Oleh karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuningan melakukan Sosialisasi Pilkada Serentak Kepada Kelompok Agama se-Kabupaten Kuningan di Lembah Ciremai Restaurant Kuningan pada pukul 16.00 WIB s.d selesai.

KPU Kabupaten Kuningan mengundang tokoh-tokoh agama di kabupaten kuningan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Sosialisasi Kepada Kelompok Keagamaan mengenai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, diantaranya Kepala Kementrian Agama Kuningan, Kelompok Agama Kristen Protestan, Perwakilan Kelompok Agama Katolik Kuningan, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, Ketua NU dan Muhamadiyah Kabupaten Kuningan, Perwakilan Polres Kuningan, Per2akilan Kodim 0615 Kuningan, Agen Sosialisasi KPU Kuningan dan Perwakilan Panwaslu Kabupaten Kuningan. sedangkan, DR.H Nurdin MA. Kementrian Agama Kabupaten Kuningan, dan Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Drs. H Ugin Lugina menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati pada pukul 16.30 WiB, lalu Heni pun menyampaikan sambutan, dalam sambutannya heni menyampaikan bahwa peranan kelompok keeagamaan sendiri dalam Pilkada ini merupakan bagian penting, karena kelompok keagaaman ini adalah salah satu yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, merekalah yang menjadi mediator KPU dalam memyampaikan informasi terkait Pilkada, agar dapat menyadarkan masyarakat terkait pentingnya hak pilih mereka dalam gelaran Pilkada nantinya. lalu selanjutnya Heni menyampaikan hal terkait Tahapan Pilkada Serentak 2018 serta Pengenalan Para Pasangan Calon baik Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, maupun Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 dan beberapa unsur lainnya dalam tahapan Pilkada Serentak 2018.
Heni juga menyampaikan walaupun dalam kontestasi demokrasi yang sengit, perbedaan bukan lah menjadi suatu acuan untuk terjadinya perselisihan, karena perbedaan seyogyanya adalah momen untuk menjadikan Pilkada di Kabupaten Kuningan ini lebih berwarna dan lebih Semarak.

“Mari kita ikhtiarkan Pilkada tahun ini sebagai ikhtiar untuk memilih pemimpin, tetap mengedepankan suasana saling menghormati satu sama lain, pilkada ini hanya berlangsung 5 tahun sekali, tetapi kebersamaan,persaudaraan dan persatuan tidak akan terputus hanya karena berbeda pilihan. lalu untuk para pemilih, jadilah pemilih yang cerdas, rasional, dan bertanggung jawab dengan menolak Isu-Isu Sara, Hoax dan Politik Uang. agar jalannya Pilkada di Kabupaten Kuningan ini dapat berjalan Lancar, Suksss Tanpa Ekses, dan Damai.” tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya Penyampaian dari Narasumber Dr. H. Nurdin M.A. tentang kesiapannya untuk mendukung jalannya tahapan Pilkada Serentak 2018 ini dapat berjalan baik, Lalu terakhif Drs. H. Ugin Lugina selakju Wakil Ketua FKUB menyampaikan pemaparan terkait hal-hal apa saja yang bisa menimbulkan potensi konflik ketika pilkada berlangsung, data umat beragama kuningan, dan kerukunan yang terjalin antar kelompok keagaaman di Kabupaten Kuningan.***

Komentar

comments