KPU Kuningan Sosdiklih di RSUD 45 Kuningan

KPU Kuningan Sosdiklih di RSUD 45 Kuningan

Jumat, 5 April 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan bersama dengan Relawan Demokrasi Basis Berkebutuhan Khusus mengadakan sosdiklih RSUD 45 Kuningan sasarannya pasien rawat jalan, keluarga pasien, serta staf pegawai rumah sakit. Hadir juga dalam acara tersebut Komsioner KPU Kab. Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Dudung Abdu Salam.

Dalam kegiatan tersebut Dudung menyampaikan mengenai kategori pemilih yang terdiri dari 3 kategori yakni Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Kami sangat antusias dengan kehadiran relasi untuk memberikan pemahaman tentang tata cara pencoblosan pemilu. dr. Lilis juga mengatakan sosialisasi ini penting bagi pasien di rsud 45 karna bnyak pasien yang belum mengerti akan tata cara pencoblosan.” tutur dr. Lilis selaku Ketua Sistem Pengendalian Intern RSUD 45 Kuningan.

Dudung Abdu Salam mula-mula menjelaskan bahwa terdapat 5 jenis surat suara yang akan didapatkan pada hari pencoblosan 17 April 2019 oleh pemilih yakni Surat Suara Calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPR Kabupaten. Untuk membedakanyanya, dirinya menuturkan bisa dilihat dari warna sampul masing-masing jenis surat suara dan ukurannya.

“Untuk dapat menggunakan hak memilih, Warga Negara Indonesia harus terdaftar sebagai Pemilih kecuali yang ditentukan lain dalam Undang-Undang. Ada pun syarat seseorang memenuhi syarat sebagai pemilih yakni genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, sudah kawin, atau sudah pernah kawin; tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya; tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap; berdomisili di wilayah administratif Pemilih yang dibuktikan dengan KTP-el; tidak sedang menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia, atau Kepolisian Negara Republik Indonesia.” tutur Dudung.

Selanjutnya, Dudung menjelaskan kategorisasi data pemilih. “Terdapat 3 kategori pemilih dalam Pemilu yakni DPT, DPTb, dan DPK. DPT adalah DPSHP Akhir yang telah diperbaiki oleh PPS, direkapitulasi oleh PPK, dan ditetapkan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota. Daftar Pemilih Tambahan yang selanjutnya disingkat DPTb adalah Daftar Pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu TPS yang karena keadaan tertentu Pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suara di TPS lain. Daftar Pemilih Khusus yang selanjutnya disingkat DPK adalah daftar Pemilih yang memiliki identitas kependudukan tetapi belum terdaftar dalam DPT dan DPTb.” tutur Dudung

Faisal Al ZLamar salah satu Relawan Demokrasi menambahkan dengan terlaksananya sosialisasi ini pasien dan keluarga pasien diharapkan memahami tata cara pencoblosan Pemilu 2019 serta dapat mengajak seluruh rekan dan keluarganya, supaya  menaikan angka partisipasi pemilu 2019 khusus nya di Kabupaten Kuningan.***

Komentar

comments