KPU Kuningan Siap Rekrut Anggota PPK dan PPS

KPU Kuningan Siap Rekrut Anggota PPK dan PPS

Kuningan, Senin 09/10. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan akan membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 160 orang dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 1.128 orang.

Jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan di tiap PPK dibutuhkan lima orang dikalikan 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan dan ditiap PPS sebanyak tiga orang dikalikan 376 Desa/ Kelurahan yang ada di Kabupaten Kuningan.

Asep Z Fauzi menjelaskan bahwa KPU Kabupaten Kuningan dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran PPK dan PPS. Yang mana persyaratan tersebut telah diatur dalam pasal 18 ayat 1 Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 untuk mendaftar menjadi calon anggota PPK dan PPS.

Dijelaskan Asfa, panggilan akrab Asep Z Fauzi, bahwa persyaratan yang diberlakukan selain berusia paling rendah 17 tahun dengan status WNI dan berdomisili di wilayah kerja PPK dan PPS, juga harus memiliki integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil. Kemudian juga harus berpendidikan paling rendah SLTA, mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Lalu tidak menjadi anggota parpol yang dinyatakan dengan surat keterangan sah dari pengurus parpol bersangkutan. Kemudian tidak pernah dipidana penjara, tidak pernah diberi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU bila pernah menjabat sebagai anggota PPK dan PPS, dan tidak menjabat dua kali sebagai PPK dan PPS,” kata Asfa.

Untuk tahapan seleksi, lanjut Asfa, untuk KPU akan diumumkan pendaftaran sejak 12-14 Oktober nanti, kemudian penerimaan berkas pendaftaran sejak 13-16 Oktober, lalu penelitian administrasi 13-17 Oktober dan pengumuman hasil peneltian administrasi pada 18 Oktober 2017.

“Seleksi tertulis diselenggarakan pada 20 Oktober, dilanjutkan pemeriksaan seleksi tertulis 20-21 Oktober dan diumumkan pada 22 Oktober. Sedangkan tes wawancara pada 24 Oktober dan pengumuman calon anggota PPK terpilih 28 Oktober. Terakhir pelantikan anggota PPK pada 29-31 Oktober,” papar Asfa.

Dikatakannya, meski tahapan seleksi PPS bersamaan dengan PPK membutuhkan waktu lebih lama karena jumlahnya mencapai 1.128 orang, sehingga mulai dari penerimaan berkas pendaftaran lebih lama yaitu 13-20 Oktober, kemudian penelitian administrasi 14-28 Oktober dan pengumuman hasil penelitian administrasi 29-30 Oktober.

Sedangkan seleksi tertulis pada 3 November 2017 dilanjutkan pemeriksaan seleksi pada 3 November, kemudian pengumuman seleksi tertulis 3-4 November, kemudia pengumuman seleksi tertulis 3-4 November dan tes wawancara 7 November dan untuk pengumuman calon anggota PPS terpilih jatuh pada 8 November dan pelantikannya pada 9-11 November 2017.

“Untuk pendaftaran selain di kantor KPU langsung, juga bisa diambil di masing-masing kantor kecamatan,” kata Asfa. ***

Video Pernyataan Anggota KPU Kabupaten Kuningan tentang pembentukan PPK/PPS

Komentar

comments