KPU Kuningan Serahkan Berita Acara dan Surat Keputusan Penetapan Paslon Terpilih Kepada DPRD Kabupaten Kuningan

KPU Kuningan Serahkan Berita Acara dan Surat Keputusan Penetapan Paslon Terpilih Kepada DPRD Kabupaten Kuningan

Kuningan, Kamis 26 Juli 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan hari ini (26/07) menyerahkan Berita Acara (BA) dan Surat Keputusan (SK) Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 kepada DPRD Kabupaten Kuningan di Kantor DPRD Kabupaten Kuningan pada pukul 14.00 WIB.

Penyerahan Berita Acara (BA) dan Surat Keputusan (SK) diserahkan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman. Pada prosesi penyerahan tersebut juga diikuti oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi, beserta Wakil Ketua DPRD Kuningan Drs.Toto Suharto, S.Farm,Apt., dan Hj. Kokom Komariyah, beserta Anggota DPRD Kabupaten Kuningan yang lainnya.

Dasar Hukum Kegiatan ini adalah Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang – Undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, Peraturan Bawaslu Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pengawasan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak dan kepada KPU Kabupaten Kuningan atas ikhtiarnya selama gelaran Pilkada Serentak Tahun 2018, Rana menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun keemasan bagi perkembangan demokrasi di kabupaten kuningan, karena jika dinilai dari segi persaingan antara pasangan calon sebelumnya berjalan fairplay, aman dan kondusif, serta juga dari tingkat partisipasi pemilihnya yang mengalami kemajuan yang signifikan yakni 71,40 % sehingga Pilkada Kabupaten Kuningan dapat dibilang merupakan Pilkada Terbaik di Provinsi Jawa Barat. Rana Juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Kuningan Periode 2018 – 2023 H. Acep Purnama, S.H., M.H., dan M.Ridho Suganda, S.H., M.Si.

Prosesi penyerahan ini juga dilakukan sesuai amanah PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota pasal 69 bahwa KPU Kabupaten/Kota menyampaikan Berita Acara dan Keputusan Tentang Penetapan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota 1 hari setelah ditetapkan nya Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota Terpilih ditetapkan.

Selanjutnya KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati pada kesempatan tersebut juga mengutip perkataan Kapolda Jabar yang di sampaikan oleh Kapolres Kuningan Iman Setiawan SIK.,di acara Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih hari Rabu (25/07/2018)  bahwa Pilkada Kabupaten Kuningan merupakan Pilkada Terbaik di Jawa Barat, pilkada yang nol (0) sengketa hukum dan isu – isu negatif, pilkada yang dari segi keamanan nya dinilai sangat kondusif dari kabupaten lainnya di Jawa Barat, tentu hal ini juga tak lepas dari peranan seluruh pihak, masyarakat dan para pemangku kepentingan yang telah membantu dan berikhtiar bersama menyukseskan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Kuningan ini.

“Pilkada ini sudah memasuki tahapan puncaknya, Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh jajaran Forum Komunikasi Daerah yang diantaranya Kepolisian, TNI, Satpol PP, Desk Pilkada Kabupaten Kuningan, Panwaslu Kabupaten Kuningan, Kesbangpol Kabupaten Kuningan, Disdukcapil Kabupaten Kuningan dan organisasi pemerintahan lainnya yang telah bersama sama berikhtiar menyukseskan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Kuningan ini, semoga sukses ini terulang kembali di Pemilihan Umum Tahun 2019.”

Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 270 Tahun 2018 bahwa untuk Pelantikan Pasangan Calon Terpilih di bagi berdasarkan akhir masa jabatan, di bagi kedalam empat tahapan yang akan dilewati oleh KPU Kabupaten Kuningan termasuk di dalam tahap kedua pelantikan dengan AMJ bersama kabupaten kota lain 21 September – 20 desember 2018. Sementara untuk Bupati dan Wakil Bupati Kuningan terpilih akan di lantik oleh Gubernur yang baru pada tanggal 20 Desember 2018.***

Komentar

comments