KPU Kuningan Sampaikan Hasil Verfak Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol

KPU Kuningan Sampaikan Hasil Verfak Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol

Kuningan, Jumat 12 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menyampaikan hasil Verifikasi Faktual ke Partai Politik pada hari ini (12/1), Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula KPU Kabupaten Kuningan dan dihadiri oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, serta turut hadir pula Pimpinan Partai Politik Garuda, Berkarya, dan PSI.

Jajang Arifin selaku Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum menyampaikan paparan yang berkaitan tentang  Hasil Proses Verifikasi Faktual Keanggotaan dan Kepengurusann Partai Politik terhadap Partai Berkarya dan Partai Garuda yang diatur oleh Keputusan KPU RI No 233/PL/01.1-KPt/03/KPU/XII/2017, pasca Putusan Bawaslu RI, pertanggal 12 Januari 2018 adalah batas akhir penyampaian hasil.

Tahapan verfak yang dilakukan dengan mekanisme yang sama seperti tahapan verfak ke partai yang lain, seperti mengunjungi Kantor Sekretariat Parpol Tingkat Daerah, mengecek keterwakilan perempuan 30% dalam kepengurusan partai politik, dan mengecek administrasi tentang dominisili kantor yang dimaksud, guna mengetahui kelengkapan dokumen keanggotaan dan keabsahan kepemilikan dan lokasi kantor sekretariat tersebut.

Verfak Keanggotaan dilaksanakan dari tanggal 2 Januari s.d. 10 Januari 2018, untuk Partai Berkarya tahapan verifikasi faktual kepengurusan telah dilakukan di tanggal 2 Januari 2018, dan proses verfak Partai Garuda dilakukan pada tanggal 2 Januari 2018. Ini akan akumulasi daripada status Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS), terkait hasilnya sudah di berikan kepada masing-masing Partai Politik,rekapnya disampaikan kepada Panwas, lalu di upload sebagai laporan ke KPU RI melalui Sistem Informasi Politik (SIPOL).

“Sampling sendiri di masing-masing parpol berbeda, tergantung dari banyaknya keanggotaan dari partai politik tersebut.Untuk hasil TMS atau MS tidak bisa disampaikan karena itu adalah ranah pribadi partai politik tersebut dan tidak etis untuk disampaikan secara langsung, namun lolos tidaknya itu terkait persyaratan administrasi minimal 75% di provinsi, hasil sendiri akan diumumkan setelah jam 16.00 WIB hari ini.” tutur Jajang.

Selanjutnya Jajang menyampaikan ketika mencapai 75% , dengan jumlah 21 kabupaten kota di provinsi itu sudah mencukupi, lalu jika yang diatas 75% mau melakukan perbaikan atau tidak itu tergantung paratai politik itu sendiri dan tidak akan menjadi persoalan. Selanjutnya jika di bawah 75% maka harus melakukan perbaikan agar bisa lolos, khusus untuk Masa Perbaikan Partai Politik Garuda dan Berkarya dilakukan mulai tanggal 13 Januari s.d. 26 Januari 2018. Dengan syarat melampirkan data anggota baru parpol yang didukung dengan Kartu Tanda Anggota Parpol serta KTP Elektronik, dan wajib disampaikan melalui SIPOL.

“Kedepan KPU Kabupaten Kuningan akan melakukan hal yang sama yaitu Pencuplikan Ulang, serta melakukan Verifikasi Faktual Ulang di masa perbaikan yang akan dilaksanakan nanti” tutur Jajang.***

Komentar

comments