KPU Kuningan Paparkan Mekanisme Tata Kelola Keuangan

KPU Kuningan Paparkan Mekanisme Tata Kelola Keuangan

Kuningan, Jumat 16 Desember 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan dan diikuti oleh 64 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris PPK dan Staf Pengelolaan Keuangan PPK seKabupaten Kuningan di Hotel Montana Kuningan terhitung sejak hari Jumat s.d. Sabtu tanggal 15 s.d. 16 Desember 2017.

“Ada pun sebagai sumber rujukan untuk materi yang diberikan kepada peserta kali ini yakni Keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 202/KU.05-Kpt/02/KPU/XI/2017 tentang perubahan atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 88/Kpts/KPU/Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pengelolaan, Penyaluran, dan Pertanggungjawaban Pengguna Anggaran Dana Hibah Untuk Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.” Tutur Agus Ismail Yaqub, Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Keuangan dan Logistik.

Sebagai pengantar (Jumat 15/12), Upi Shopian selaku Sekretaris KPU Kabupaten Kuningan menjelaskan pengantar tentang Tata Kelola Dana Hibah Pilkada Tahun 2018. Upi menyampaikan bahwa sumber dana hibah pada penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 didapat Dana Hibah Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 yang dimulai pukul 19.30 WIB s.d selesai.

Selanjutnya, Dudung Abdul Rokhman Kasubag Program dan Data KPU Kuningan kemudian memaparkan tentang Tata Cara Penyaluran dan Pencairan Keuangan dari pukul 20.30 WIB s.d. selesai. Sesi berikutnya dipimpin oleh Asep Pepen Ruspendi selaku Kasubag Keuangan KPU Kuningan yang memaparkan tentang Tata Cara Pemungutan, Pertanggungjawaban, dan Penyetoran Pajak dari pukul 21.30 s.d. pukul 22.30 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, sejak dimulainya materi oleh Sekretaris KPU Kuningan turut pula hadir di forum bimtek. Menurutnya, bimtek adalah salah bagian penting yang harus diikuti oleh penyelenggara. Selain untuk menambah wawasan pengetahuan tentang teknis penyelenggaraan pilkada, forum bimtek dapat dipergunakan sebagai media diskusi untuk rekan-rekan penyelenggara ditingkat kecamatan dengan KPU Kabupaten Kuningan. Maka tidak berlebihan jika kedisiplinan mengikuti bimtek dan seluruh tahapan di dalamnya dilakukan secara sungguh-sungguh.

Dari apa yang sudah disampaikan para pemateri mengenai Tata Kelola Keuangan, KPU Kabupaten Kuningan mendapat respon yang cukup baik dari para peserta bimtek. Beberapa respon tersebut ada yang berbentuk pertanyaan dan ada juga yang berbentuk usulan.

“Hari ini (16/12), peserta Bimtek Pengelolaan Keuangan dipertemukan dengan Pengelola Keuangan KPU Provinsi Jawa Barat yang memaparkan tentang Tata Cara Pertanggungjawaban Keuangan. Dihadirkannya KPU Provinsi Jawa Barat dalam bimtek kali ini tujuannya agar tata kelola keuangan Pilkada Serentak Tahuan 2018 di Kabupaten Kuningan sesuai dengan aturan yang ada di KPU Provinsi Jawa Barat.” tutur Agus Ismail Yaqub.***

Komentar

comments