KPU Kuningan Monitoring Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak di 32 Kecamatan

KPU Kuningan Monitoring Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak di 32 Kecamatan

Kuningan, Kamis 13 September 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan melakukan Supervisi Monitoring Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Pemilu Serentak 2019 ke 32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Rabu (12/09/2018), hal ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu RI pada Rapat Pleno Rekapitulasi DPT Pemilu Serentak 2019 Tingkat Nasional di KPU RI, bahwa ada dugaan data ganda yang terdapat di Kabupaten Kuningan yang berjumlah 14.744 orang.

Kegiatan monitoring ini dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Umum Keuangan dan Logistik Agus Ismail Yaqub beserta Tenaga Pendukung Teknis Pemilu 2019 dan Media Center KPU Kuningan.
Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Peribahan Atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 2019, PKPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, Surat Edaran KPU RI Nomor 1033 tentang Penyempurnaan DPT Pemilu Serentak Tahun 2019.

Ketua, Komisioner dan Tim Program dan Data KPU Kuningan masing-masingnya memonitoring 1 Daerah Pemilihan (Dapil) dari total 5 Dapil di Kabupaten Kuningan, Kegiatan Supervisi Monitoring ini bertujuan untuk memastikan data DPT di masing-masing kecamatan baik itu data kegandaan yang disampaikan oleh Bawaslu ketika rapat koordinasi kemarin sudah di kroscek dan di validasi datanya, yang dimana hari ini Kamis 13 September 2018 data DPT dari PPK yang sudah rampung akan di tuangkan dalam Berita Acara Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan (DPTHP) di RM Lembah Ciremai Kuningan pukul 12:00 WIB s.d. selesai.

Adapun langkah yang ditempuh oleh KPU sendiri terkait laporan dari Bawaslu tentang dugaan kegandaan adalah dengan menyandingkan data tersebut dengan data dari Disdukcapil yang sebelumnya sudah juga diberikan kepada KPU, data dari Bawaslu dan Disdukcapil juga diserahkan kepada PPK, PPK dalam hal ini menelusuri dugaan kegandaan dari Bawaslu apakah benar terdapat kegandaan ataupun tidak, apabila benar ada kegandaan maka PPS akan memperbaiki kegandaan tersebut, namun jika tidak terdapat kegandaan data tersebut tidak akan dirubah.
Dadan Hamdani selaku komisioner yang menangani Data Pemilih mengungkapkan, bahwa KPU Kuningan sangat merespon positif temuan dugaan kegandaan dari Bawaslu ini, karena dengan adanya saran dan masukan dari beberapa pihak, ini akan lebih menjadikan kualitas data kita lebih berkualitas, faktual dan valid.

“Karena kita pada dasarnya sangat terbuka, sangat merasa terbantu dan terkoreksi ketika ada temuan atau dugaan kegandaan ini, tak lain semuanya ini adalah agar DPT yang dihasilkan berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan, hasil pencermatan dugaan kegandaan ini akan disampaikan hari ini dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penetapan DPTHP Pemilu 2019, berapa kegandaan sebenarnya dari hasil Verifikasi dilapangan oleh KPU dan PPK” tutur Dadan Hamdani.***

Komentar

comments