KPU Kuningan Menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018

KPU Kuningan Menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018

Kuningan, 12 Februari  2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegitaan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018, kegiatan tersebut diselenggarkan di Aula Hotel Horison Kuningan pada pukul 08.00 WIB s.d. selesai, dihadiri oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, Ketua  beserta Komisioner dan staf KPU Kabupaten Kuningan, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Kepala Sat Pol PP Kuningan, Kepala Badan Kesbangpol Kuningan, Kepala Dishub Kuningan, Kepala Disdukcapil Kuningan, Kabag Tapem, Ketua MUI, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Rektor Perguruan tinggi se-Kabupaten Kuningan, Ketua PWI Kuningan, Ketua Karang Taruna, Ketua KNPI dan Tim Kampanye dari masing-masing Pasangan Calon.

Awal acara penetapan pasangan calon  di isi oleh penyerahan Pengawal Pribadi dari Kapolres Kuningan untuk Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan, dan kepada tiap-tiap Psangan Calon. Dilanjut dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Qori Udin Khaerudin M.Pd., selanjutnya sambutan dari Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Heni dalam sambutannya menuturkan bahwa dasar kegiatan ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2018 Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018. Bahwa pada hari ini serentak 170 daerah di Indonesia yang menggelar pilkada serentak menetapkan Pasangan Calonnya.

“Sejauh ini berkaitan dengan tahapan pencalonan cukup lancar, terhitung dari dibukanya Pengumuman Pendaftaran Calon, di bukanya pendaftaran Bakal Pasangan Calon dan Pendaftaran Pasangan Calon yang dilakukan di tanggal 8-10 Januari. Secara umum diketahui pada tanggal 8 Pasangan Calon H.Acep Purnama dan M.Ridho Suganda mendaftar ke KPU, lalu pada tanggal 9 Pasangan Calon H.Dudi Pamuji dan H.Udin Kusnedi, serta terakhir Pasangan Calon Dr. H.Toto Taufikurahman dan Yosa Octora. Selanjutnya tahapan Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Calon yang dipusatkan di RS. Hasan Sadikin Bandung, berkaitan dengan hasil pemeriksaan masing-masing pasangan calon dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), hasil pemeriksaan kesehatan di dapatkan dari  Ikatan Dokter Indonesia dan disampaikan langsung ke KPU Republik Indonesia. Lalu mengenai tahapan perbaikan berjalan lancar dan tidak terlalu rumit bagi paslon” tutur Heni.

Sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 pada Pasal 68 ayat 1,2 dan 3, bahwa KPU berhak menetapkan pasangan calon  tepat pada hari ini, diantaranya Pasangan Calon H. Acep Purnama, S.H,M.H dan M. Ridho Suganda, S.H, M.Si. yang diusung oleh Partai Nasdem dan PDIP dengan jumlah 13 kursi, Pasangan Calon H. Dudi Pamuji, S.E., M.Si. dan H.Udin Kusnedi, S.E., M.Si diusung oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Gerinda dengan jumlah kursi 19 kursi, lalu Pasangan Calon Dr. H.Toto Taufikurahman Kosim dan Yosa Octora Santono, S.Si, MM. diusung oleh partai Demokrat, PKB, PKS, PPP dengan jumlah total 18 Kursi.

­­­“Berkaitan dengan syarat pencalonan terutama dari Pasangan Calon H.Acep Purnama sebagai Petahana telah menyampaikan Surat Izin Cuti Diluar Tanggungan Negara ke KPU dan dari KPU di lanjutkan ke Panwaslu, surat tersebut diperoleh dari Gubernur Jawa Barat terhitung tanggal 12 Januari 2018, lalu Pasangan Calon H.Dudi Pamuji juga sudah membuat surat pernyataan mundur dari Anggota DPRD ketika melakukan pendaftaran pasangan calon  terhitung tanggal 9 januari 2018, berkaitan dengan hal tersebut Pimpinan DPRD Kabupaten Kuningan membuat Surat PAW tertanggal 9 Februari 2018 perihal permohonan Nama Calon PAW DPRD Kabupaten Kuningan karena mundurnya H.Dudi Pamuji dari Anggota DPRD, dan itu catatan-catatan penting yang kami sampaikan dan alhamdulillah kuningan sejauh ini tidak ada  persoalan yang rumit. ” tutur Heni

Berkaitan dengan tahapan masa kampanye Heni mendorong kepada para Pasangan Calon dan tim kampanye untuk bersama sama membangun suasana Pilkada yang Kondusif dan Damai walaupun pasti ada kontestasi di dalamnya. Setelah penyampaian tersebut Heni resmi membuka acara penetapan Pasangan Calon  pada pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya penyampaian Hasil Penelitian Persyaratan Hasil Administrasi oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani. Berdasarkan Hasil Penelitian Persyaratan Hasil Administrasi Dokumen Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 melalui lampiran Model BAP KWK yang telah diserahkan ke KPU Kabupaten Kuningan sebagai Syarat Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2018. Sebagaimana tercantum dalam lampiran Berita Acara (BA) dengan ini menyatakan nama Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada daftar nomor pertama Pasangan Calon H. Acep Purnama, S.H,M.H dan M. Ridho Suganda, S.H, M.Si. dari Partai Nasdem dan PDIP dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), daftar nomor kedua H. Dudi Pamuji, S.E., M.Si. dan H.Udin Kusnedi, S.E., M.Si dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Gerinda dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), dan pada daftar nomor tiga Pasangan Calon Dr. H.Toto Taufikurahman Kosim dan Yosa Octora Santono, S.Si, MM. dari partai Demokrat, PKB, PKS, PPP dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). Maka dengan demikian untuk setiap pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Kuningan ditetapkan 3  Pasangan Calon. BA penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati tertuang dalam BA Acara Nomor 09/HK/.05-BA/3208/KPU/Kab/II/2018/12 Februari Tahun 2018 diserahkan kepada masing-masing Paslon Bupati dan Wakil bupati.

Selanjutnya acara dilanjutkan oleh Ketua KPU Heni Susilawati dalam rangka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan. Setelah penetapan, dilanjut  Penyerahan BA kepada masing-masing Pasangan Calon dan kepada Panwas Kabupaten Kuningan. Lalu masing- masing calon memberikan sambutan kepada peserta, dalam sambutannya ketiga pasangan calon tersebut sama sama mencanangkan pemilihan yang damai,kondusif,menjauhi Black Campaign, Negative Campaign, menjauhi kampanye dengan  sara dan ujaran kebencian.

Terakhir Heni berkesempatan membacakan Surat Penyerahan Pengawal Pribadi dari Kapolres Kuningan. Pengawal Pribadi ditugaskan untuk mengawal Ketua KPU Kuningan, Ketua Panwaslu Kabupaten Kuningan dan kepada masing-masing Pasangan Calon.***

Komentar

comments