KPU Kuningan Matangkan Persiapan PPK Dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara

KPU Kuningan Matangkan Persiapan PPK Dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara

Kuningan, Jum’at 29 Juni 2018. Pasca Hari H Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Persiapan Rekapitulasi Penghitungan Suara di PPK Kamis (28/06/2018) di RM. Lembah Ciremai Kuningan pukul 20.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Komisioner Divisi Teknis Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin beserta Ketua dan Anggota PPK se-Kabupaten Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum  Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Pada kesempatan tersebut Asep Z.Fauzi Komisioner Divisi SDM dan Parmas mewakili Ketua KPU Kabupaten Kuningan membuka acara dan memberikan sambutan. dalam sambutannya Asfa panggilan akrab dari Asep Z.Fauzi menyampaikan bahwa kita sebagai PPK dalam pekerjaan apapun harus mengacu pada pedoman JUTIRAT (Jujur Teliti Akurat), seperti bagaimana memuat angka-angka perolehan suara ke dalam form model yang tersedia, ketelitian dalam mengidentifikasi jenis-jenis dokumen yang dibutuhkan di setiap tingkatan, bagaimana kita memahami SOP (Standar Operating Prochedure) terkait dengan proses pendistribusian logistik, bagaimana memisahkan antara model dokumen yang satu dan yang lainnya mana yang masuk ke dalam kotak mana yang tidak, hal ini merupakan evaluasi kita dsalam tahapan yang sedang berjalan ini agar tericptanya penyelenggara yang berkualitas dan berintegritas.

Setelah Asfa, Jajang Arifin selaku Komisoner Divisi Hukum menyampaikan rasa syukurnya bahwa jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara di masing-masing TPS pada hari Rabu (27/06/2018) dapat berjalan lancar, hal itu juga tak lepas dari cepat dan responsifnya konsultasi dan koordinasi yang sering dilakukan. Jajang juga menyampaikan bahwa suksesnya pleno di KPU Kabupaten Kuningan dan sukses kualitas dan hasil bagusnya itu tidak telepas dari pleno yang dilakukan seluruh PPK di masing-masing wilayah kerjanya. Lalu setiap yang namanya Pleno itu ada dokumentasi, artinya ada model C-KWK, Model D-KWK, dan Model DA-KWK  ini merupakan bagian yang dinyatakan sangat penting, karena dalam dokumentasi ada yang dinamakan dengan norma secara konstitusional bahwa steiap pasangan calon yang merasa tidak sepaham dengan perolehan hasil suara dapat mengajukan PHP (Perselisihan Hasil Suara) ke Mahkamah Konstitusional dengan basis dokumen perolehan hasil suara.

“Mudah-mudahan dengan rakor ini, akan menjadikan inspirasi,menjadi motivasi, menjadi bawaan yang positif bagaimana menjadikan proses pleno di PPK nantinya menjadi benar, mudah, tanpa ekses, segala persoalan yang teknis dapat diatasi, tentu dengan konsultasi dan koordinasi yang musti sering dilakukan“. tutur Jajang Arifin.

Selanjutnya penyampaian dari Dadan Hamdani terkait Teknis dan Mekanisme Rapat Pleno Penghitungan Suara di PPK. Dadan menuturkan bahwa sebelum rapat pleno dilakukan pastikan sudah ada koordinasi dengan panwas setempat agar jalannnya rapat berjalan lancar, pastikan semua form model baik DA-KWK, DA1-KWK, DA1-KWK Plano, DA2-KWK, DAA-KWK, DAA-Plano sudah ada masuk dalam Kotak Suara, membuat surat undangan rapat 1 hari sebelum rapat dilaksanakan, selanjutnya tentang bagaimana tugas Ketua, Anggota dan Sekretariat PPK pada rapat pleno yang akan dilakukan.

Adapun batas waktu pleno PPK itu dimuali dari 29 Juni s.d. 04 Juli 2018, yang selanjutnya rapat pleno penghitungan suara berlanjut ke tingkat KPU Kabupaten Kuningan yang dalam regulasinya diatur mulai tanggal 4 Juni s.d. 6 Juni 2018, hal ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program  dan Jadwal Pemiihan Gubernur dan Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Hari ini Jumat (29/06) sebagian PPK di Kabupaten Kuningan akan melaksanakan Rapat Pleno rekapitulasi Penghitungan Suara.

Di akhir penyampainnya sebelum rapat ditutup Dadan menyampaikan bahwa penginputan data perolehan suara yang dilakukan oleh Operator Situng KPU Kuningan sudah memasuki angka 92 % tinggal menyisakan beberapa TPS lagi untuk dilakukan proses penginputan dan pemindaian formnya, dalam perolehan suara tersebut terdapat peningkatan tingkat partisipasi masyarakat sekitar 71 %, berbeda dengan pilkada sebelumnya dengan raihan partisipasi masyarakat sekitar 64 %, hal ini merupakan capaian yang positif bagi KPU Kuningan dengan arti bahwa sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat melalui PPK,PPS,AgenSos berhasil tersampaikan dengan baik dan benar.***

Komentar

comments