KPU Kuningan Matangkan Persiapan Penyelenggara Jelang Tahapan Tungsura Pilkada

KPU Kuningan Matangkan Persiapan Penyelenggara Jelang Tahapan Tungsura Pilkada


Kuningan, Kamis 21 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S) serta Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 di Hotel Horison Kuningan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, terhitung mulai tanggal 20 Juni s.d. 21 Juni 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, Kasubbag Program dan Data Dudung Abdulrokhman, Tim Program dan Data KPU Kuningan, beserta Anggota PPK Divisi Teknis se-Kabupaten Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Pada hari Rabu (20/06/2018) terdapat beberapa penyampaian materi oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati tentang Evaluasi Persiapan Penyelenggara PPK terkait Tungsura di masing-masing wilayah kerjanya dan Bedah Buku Panduan KPPS oleh Komisioner Divisi Teknis Dadan Hamdani yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS serta Tata Cara Rekapitulasi Penghitungan Suara di PPK, lalu pada malam harinya terdapat pematangan aplikasi situng yang dipandu oleh Dadan Hamdani dan Zaka Vikryan.

“Adapun bimtek ini merupakan sarana bagi PPK untuk mematangkan kembali persiapan menuju tahapan tungsura Pilkada Serentak 2018 yang sudah semakin dekat waktunya, diharapkan PPK dapat Sharing Knowledge (Berbagi Ilmu) kepada Anggota PPK yang lain, Kepada PPS dan juga terhadap bidang pengawasan di kecamatan yaitu Panwascam, agar kesinambungan antara penyelenggara dan bidang pengawasan memiliki satu pemahaman di TPS, guna jalannya Pilkada Serentak 2018 yang Damai, Lancar, dan Sukses tanpa ekses”. tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya kegiatan Hari kedua yakni Hari terakhir Kamis 21 Juni 2018 akan ada Arahan umum oleh Komisioner KPU Kuningan beserta Diskusi, Pemantapan Aplikasi Situng, Aplikasi Sitagis dan Aplikasi Tungsura.

Komentar

comments