KPU Kuningan Matangkan Persiapan Menuju Penetapan DCT Pemilu 2019

KPU Kuningan Matangkan Persiapan Menuju Penetapan DCT Pemilu 2019

Kuningan, Selasa 18 September 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Ruangan Media Center KPU Kuningan Senin (17/09/2019) pukul 14:00 WIB s.d. selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, Staff Bawaslu Kabupaten Kuningan Endang dan Eka Hamdani beserta LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung 16 Partai Politik Peserta Pemilu Serentak 2019 Kabupaten Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Dadan Hamdani selaku divisi yang menangani pencalonan membahas mekanisme mengenai proses validasi atau sinkronisasi data DCT tersebut, dimana didalamnya disetiap partai politik ada nama Bacalegnya (Bakal Calon Legislatif) untuk 5 Dapil, KPU sendiri sudah membuat draf, yang pada kegiatan ini draf tersebut di validasi oleh ke-16 LO (Liaison Officer) / Tim Penghubung Partai Politik Peserta Pemilu 2019, baik itu namanya, fotonya, nomor urutnya, gelarnya, alamatnya, juga jenis kelaminnya, hal ini dilakukan agar data yang dipublikasi nanti melalui pengumuman DCT datanya sudah bersih tanpa ada permasalahan dan data sudah sesuai dengan fakta dilapangan
Terkait Caleg tertentu yang statusnya ASN, TNI atau Polri, atau yang sumber pendapatannya dari negara, KPU menghimbau bagi yang belum melampirkan Surat atau SK Pemberhentiannya, agar menyampaikan SK tersebut ke KPU maksimal tanggal 19 September 2018, jika melebihi tanggal 19 September, Calon tersebut tidak akan ditetapkan kedalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Serentak 2019. Adapun pengumuman DCT rencananya akan ditetapkan mulai tanggal 20 September 2018, yang nantinya DCT tersebut akan diumumkan di media cetak, media online, Radio, di Web KPU Kuningan dan juga di 32 Kantor Kecamatan se-Kabupaten Kuningan, hal ini dilakukan agar masyarakat umum dapat melihat dan menganalisa terkait pengumuman DCT tersebut.

“Rakor ini kami adakan agar DCT yang diumumkan nantinya sesuai dengan Fakta Administrasi dan sesuai dengan yang di ajukan Partai Politik”. tutur Dadan Hamdani.***

Komentar

comments