KPU Kuningan Mantapkan Persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018

KPU Kuningan Mantapkan Persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018


Kuningan, Selasa 29 Mei 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mennggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 di Hotel Grage Sangkan Kuningan pukul 08.00 WIB s.d. selesai. turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis, Perencanaan, dan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi, serta sebagai peserta adalah Anggota PPK se-Kabupaten Kuningan yang ber jumlah 160 orang.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Mengawali kegiatan, Heni Susilawati Ketua KPU Kuningan memberi sambutan dan membuka acara secara resmi pada pukul 09.30 WIB.setelah penyampaian sambutan, Heni memberikan materi terkait Simulasi Tata dan Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. dalam pemaparannya Heni menjelaskan terkait mekanisme tugas masing-masing Anggota KPPS pada Hari H penyelenggaraan Pilkada, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan pemahaman yang baik terkait P2S ini agar ketika tahapan pemilihan dan rekapitulasi berlangsung dapat berjalan baik dan lancar.

Selanjutnya Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi memberi penjelasan terkait Strategi Sosialisasi menjelang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, pemaparan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Anggota PPK dalan menargetkan Angka Partisipasi Masyarakat dalam memilih nanti, sebab diketahui KPU RI sendiri menargetkan angka partisipasi dalam gelaran Pilkada ini sebesar 77,5 %. maka dari itu diharapkan PPK dapat membangun sosialisasi yang baik kepada pemilih agar tingkatan 77,5 % partsipasi masyarakat dalam memilih dapat tercapai dan menciptakan pemilih yang berkualitas.

Berikutnya setelah penyampaian dari Divisi SDM dan Parmas, Dadan Hamdani selaku Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis memberikan pemaparan materi terkait identifikasi masalah masalah yang terjadi di TPS, penjelasan mengenai hal tersebut berpedoman kepada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.
Disela sela penyampaiannya Dadan Hamdani mengatakan bahwa dalam waktu dekat KPU Kuningan akan melakukan Roadshow ke beberapa desa/kelurahan di kabupaten kuningan dalam rangka mematangkan persiapan penyelenggara di tingkatan PPK, PPS, dan KPPS dalam menghadapi tahapan Pungut dan Hitung Surat Suara.

Lalu di akhir kegiatan setelah penyampaian dari Divisi Teknis, Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menyampaikan harapannya, bahwa 5 anggota PPK diharapkan memilki pemahaman awal yang sama, juga dalam rangka menciptakan penyelenggara yang professional diharapkan seluruh anggota PPK hadir dalam kegiatan Bimtek Roadshow yang akan dilakukan oleh KPU Kuningan di wilayah kerjanya masing-masing, hal ini dilakukan dengan harapan bahwa tahapan puncak nanti Rabu 27 Juni 2018 Rekapitulasi baik di tingkat Kecamatan ataupun Kabupaten dapat berjalan lancar dan aman.

“Ada 4 kiat Sukses Tungsura yaitu Lancar Memilih, Lancar Logistik, Benar Pengisian Sertifikat, dan Sukses Penyampaian C1 dalam Situng, keempat hal tersebut yang harus diupayakan oleh KelimaAnggota PPK untuk dapat mencapai target yaitu Pilkada terbaik Kabupaten Kuningan dengan Nol Kesalahan (Zero Mistake) tanpa diadakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU). pastikan pilkada tahun ini adalah pilkada yang terbaik, pilkada yang dapat berjalan lancar dan sukses tanpa ekses.” tutur Heni Susilawati dalam Penutupan Bimtek Tungsura.

Komentar

comments