KPU Kuningan Mantapkan Persiapan Operator Situng Jelang Tahapan Tungsura Pilkada

KPU Kuningan Mantapkan Persiapan Operator Situng Jelang Tahapan Tungsura Pilkada

Kuningan, Minggu 24 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penggunaan Aplikasi Situng Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 di RM Lembah Ciremai Sabtu (23/06/2018) pukul 09.30 WIB s.d. selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, beserta 32 orang Operator Situng. 32 Operator tersebut memiliki latar belakang sebagai mahasiswa perguruan tinggi di Kabupaten Kuningan.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam kesempatan tersebut Dadan Hamdani menyampaikan materi tentang Panduan Penggunaan Aplikasi SItung Entri dan Situng Pindai. Situng Entri (Sistem Informasi Penghitungan Surat Suara) Entri adalah aplikasi yang digunakan untuk entri data formulir model C-KWK yang didapatkan dari TPS. DImana Data yang telah dientri tersebut selanjutnya dikirim dan akan ditampilkan dalam portal laman infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/hasil. Situng Pindai adalah aplikasi untuk memindai formulir C-KWK, DAA-KWK, DA1-KWK, DB1-KWK, DC1-KWK ke dalam bentuk gambar digital. Setiap formulir akan dipindai dengan menggunakan mesin pemindai (Scanner), untuk menerapkan standard dan mengatur pemindaian formulir, dibuatlah sebuah aplikasi Situng Pindai. Aplikasi ini akan mengatur penyimpanan dan penamaan gambar digital berdasarkan wilayah dari tingkat provinsi sampai ke tingkat kelurahan, dan aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengirim file image ke server KPU, gambar hasil pindai dipublikasikan di portal publikasi infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/hasil.

“Diadakannya kegiatan rakor ini adalah dalam rangka pembekalan kepada 32 orang nanti dalam menghadapi tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018 yang sudah semakin dekat, dan tujuannya agar para operator ini memiliki kesiapan dan kematangan dalam penggunaan aplikasi baik Aplikasi Situng entri maupun Situng Pindai, karena pada saat hari H nanti aka nada penghitungan cepat yang nantinya data yang diperoleh dari TPS akan di entri dan di scan lalu di publikasikan di portal publikasi Infopemilu.kpu.go.id, diusahakan penghitungan cepat perolehan suara Pilkada serentak 2018 ini dapat rampung dan bisa ditampilkan dalam kurun waktu 24 jam ketika hari H pelaksanaan.” tutur Dadan Hamdani.

Selanjutnya setelah kegiatan rakor, Operator Situng akan mengikuti Simulasi Situng Nasional yang akan dilaksanakan oleh KPU Kuningan pada hari Senin 25 Juni 2018 pukul 10.00 WIB di KPU Kabupaten Kuningan , Simulasi Situng Nasional ini sudah dilakukan dua kali sebelumnya pada tanggal 28 Mei 2018 dan 5 Juni 2018. kegiatan ini dilakukan sesuai amanat Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 519/PL.03.6-SD/06/KPU/V/2018 tentang Pelaksanaan Ujicoba Nasional Situng Pemilihan Serentak 2018.

Komentar

comments