Kuningan 18/03/20 .Dalam rangka menguatkan konsolidasi demokrasi pasca helatan pemilu serentak 2019, komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten kuningan melakukan kunjungan institusional ke dinas pendidikan Kabupaten Kuningan. Kunijungan KPU ini merupakan implementasi dari penguatan institusi yang menjadi kunci terbangunnya sinergitas kelembagaan sebagaimana surat edaran KPU propinsi jawa Barat nomor 10/PP.06.3.SD/32/Prov/I/2020 perihal konsolidasi Institusional dan kemitraan strategis. komisioner KPU terdiri dari ketua KPU, Asep Z Fauzi, S.Pd.I, Dudung abdu salam, M.Pd divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih, dan maman sulaeman, S.Hum divisi teknis penyelenggaraan. Kunjungan ini diterima oleh Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kuningan Drs. Uca Sumantri dan kasubag kepegawaian H. Edi Junaedi di ruang kerjanya.

Pertemuan ini berlangsung informal dan santai dengan tema utama seputar pemilihan umum, literasi dan demokrasi. Asep Z. Fauzi menyampaikan terima kasih atas penerimaan dari pihak dinas terhadap kunjungan ini, banyak hal yang mungkin dapat di sinergiskan dengan dinas ini, utamanya dalam hal penguatan literasi, khususnya literasi demokrasi. Lebih lanjut asfa menyampaikan bahwa saat ini KPU kuningan sedang melakukan kegiatan sinergitas dengan stakeholder dalam upaya meminta saran masukan terhadap proses perencanaan pilkada berikutnya, tujuannya adalah berjalannya proses demokrasi dengan baik serta kualitas dan kuantitas partisipasinya lebih meningkat. Selain itu KPU sedang menggagas pemilihan OSIS serentak di Kabupaten Kuningan, sebagaimana diketahui dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kuningan menaungi lembaga pendidikan dari tingkat TK sampai SLTP, oleh karena itu sangat pas jika hal ini di implementasikan.

Sedangkan Dudung abdu salam selaku ketua divisi sosialisasi dan Parmas menyampaikan beberapa rencana kegiatan KPU pasca pemilu serentak ini, antara lain : KPU goes to Campus, Rangking satu Demokrasi antar SMA sederajat dan diskusi demokrasi serta hal-hal lain yang dapat di sinergiskan dengan pihak dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan maman sulaeman menambahkan bahwa Pendidikan politik merupakan program utama yang akan terus di lakukan KPU sebagai penopang rencana pembangunan jangka menengah. Diharapkan dengan pendidikan politik yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini tingkat pemahaman masyarakat terhadap demokrasi semakin baik dan meningkat.

Sementara itu, Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan menyambut baik kunjungan KPU ini. Terima kasih saya ucapkan atas kunjungan ini, ditengah adanya himbauan untuk waspada bahaya COVID 19, KPU tetap menjalankan tugasnya, selain itu silaturahmi yang pasti menambah saudara dan mitra. uca mengatakan bahwa tugas pendidikan politik bukan saja domain KPU tapi stake holder yang lain, termasuk dinas pendidikan dan kebudayaan sangat mendukung program-program KPU yang berkaitan dengan pendidikan politik. Kami sangat mendukung kegiatan KPU, salah satu fokus tugas dari dinas ini antara lain penyadaran dan penguatan literasi kepada pelajar dan masyarakat, kami akan sampaikan di rapat kepala sekolah maupun kedinasan. Oleh karena kedepan kegiatan-kegiatan yang bisa di sinergiskan dengan KPU kami siap berkolaborasi. (Dudung).

Komentar

comments