KPU Kuningan Komitmen Untuk Menciptakan Pilkada Aksesibel

KPU Kuningan Komitmen Untuk Menciptakan Pilkada Aksesibel

Kuningan 21 Desember 2017,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengisi acara Sosialisasi Undang-Undang Nomor  10 Tahun 2016 Tentang Pilkada yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kuningan di Aula Wisma Koperasi Permata Kuningan.

Acara Sosialisasi di isi oleh dua narasumber yaitu Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi dan Panwas Kabupaten Kuningan Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Abdul Jalil Hermawan. Acara pun turut di hadiri oleh perwakilan  Sekolah Luar Biasa sekabupaten Kuningan serta ada juga dari Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Kuningan.

Asfa panggilan akrab Asep Z.Fauzi dalam sosialisasi nya ia memaparkan materi tentang Aksesibilitas Pemilih Disabilitas Dalam Pilkad. ,Asfa menyampaikan soal Ragam Pemilih Disabilitas,diantaranya Pemilih Tunadaksa,Pemilih Tunanetra,Pemilih Tunarungu,Pemilih Tunagrahita,dan Pemilih Disabilitas Mental. Serta KPU Kuningan memiliki cara untuk memudahkan akses para Pemilih Disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya ,seperti pendampingan pada saat pemilihan, memberi fasilitas yang memudahkan Pemilih Disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya, diantaranya Pemilih Tunarungu diberikan Bahasa Isyarat Indonesia dan Tulisan berjalan, Pemilih Tunanetra disediakan Informasi Pilkada berupa Audio dan Huruf Braile, dan Pemilih Tunadaksa diberi bantuan dan pendampingan saat pemilihan.

KPU Kabupaten Kuningan sendiri berkomitmen untuk menciptakan Pilkada Aksesibel dengan dilakukannya pendampingan Pemilih Disabilitas oleh Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Kuningan dimasing-masing TPS, serta Sosialisasi-sosialisasi yang akan diadakan baik di Sekolah Luar Biasa maupun di tempat yang sudah Terdaftar Pemilih Disabilitasnya. cara ini dilakukan untuk memudahkan Pemilih Disabilitas dalam memenuhi secara penuh haknya sebagai warga negara Indonesia untuk memilih calon pemimpin daerahnya.

“KPU Kabupaten Kuningan berkomitmen untuk menciptakan Pilkada yang Aksesibel dan Non Diskriminasi,  hal ini tentunya merupakan salah satu bentuk  pemenuhan Hak Politik Penyandang Disabilitas sebagai Warga Negara Indonesia.” Tutur Asfa panggilan akrab Asep Z. Fauzi.

***

Komentar

comments