Dalam rangka menguatkan konsolidasi demokrasi pasca helatan pemilu serentak 2019, komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten kuningan melakukan kegiatan nota kesepahaman atau MoU dengan pengurus PGRI kabupaten Kuningan. Kegiatan KPU ini merupakan implementasi dari penguatan institusi yang menjadi kunci terbangunnya sinergitas kelembagaan sebagaimana surat edaran KPU propinsi jawa Barat nomor : 10/PP.06.3.SD/32/Prov/I/2020 perihal konsolidasi Institusional dan kemitraan strategis. Hadir dalam kegiatan ini yaitu Asep Z. Fauzi, S.Pd.I, Ketua KPU  Dudung Abdu Salam, M.Pd divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih, Asep Budi Hartono, M.Pd selaku ketua divisi Data. Dan ketua divisi teknis penyelenggaraan, Maman Sulaeman, S.Hum .

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada acara puncak HUT PGRI ke 75 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 di prima resort tirta sanita. Kegiatan MoU ini dilaksanakan antara ketua PGRI Kabupaten Kuningan Pipin Mansur Aripin,M.Pd dengan Ketua KPU Kabupaten kuningan, Asep Z Fauzi, S.Pd.I dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten kuningan, Drs. Uca Sumantri, M.Si. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 300 guru sekabupaten kuningan, dengan mematuhi protocol kesehatan.

Asep Z Fauzi, S.Pd.I selaku ketua KPU mengatakan bahwa Pendidikan politik merupakan program utama yang akan terus di lakukan KPU sebagai penopang rencana pembangunan jangka menengah. Diharapkan dengan pendidikan politik yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 dan tahun – tahun berikutnya ini tingkat pemahaman masyarakat terhadap demokrasi semakin baik dan meningkat, khususnya di lingkup lembaga pendidikan SMA/SMK di Kabupaten Kuningan.

Sedangkan Dudung Abdu Salam selaku ketua divisi sosdiklih dan parmas menyampaikan proses evaluasi dan proyeksi pendidikan pemilih berkelanjutan, utamanya meminta masukan, kemitraan dari pihak lembaga pendidikan  agar tingkat partisipasi ini lebih efektif dan meningkat. Sementara itu, Ketua PGRI Kuningan, Pipin Mansur Aripin, M.Pd  menyambut baik kegiatan MoU dengan KPU ini. Pipin mengatakan bahwa tugas pendidikan politik bukan saja domain KPU tapi lembaga pendidikan ataupun organisasi profesi seperti PGRI sangat mendukung program-program KPU yang berkaitan dengan pendidikan politik. Kami sangat mendukung kegiatan KPU, kami terbuka jika KPU mengadakan kegiatan sinergitas dengan PGRI, Imbunya.

Komentar

comments