KPU Kuningan Gelar Sosialisasi Pilkada dengan Rekan-Rekan Media

KPU Kuningan Gelar Sosialisasi Pilkada dengan Rekan-Rekan Media

Kuningan, 28 Desember 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan pada sesi kedua kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018 dihadiri oleh Rekan-Rekan Media baik dari Media Cetak maupun Media Online,  bertempat di Villa Kampung Gunung The Mountain Park Gunung Keling Cigugur Kuningan.

Sesikali ini yang bertindak sebagai narasumber adalah Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Dadan Hamdani, SE. serta  Kasat Intelkam Polres Kuningan AKP  Iwan Rasiwan, S.H., M.H.

Dalam pembukaan sesi kedua Dadan Hamdani sebagai narasumber pertama menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018 ke Rekan-Rekan Media adalah  untuk meningkatkan sinegritas atau jalinan kerjasama yang baik di kedua belah pihak, baik KPU sebagai pihak penyelenggara dan Rekan-Rekan Media sebagai pusat penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

Selanjutnya Dadan menuturkan bahwa ada lima faktor sukses dalam pelaksanaan Pilkada, diantaranya, Pihak Penyelenggara dari mulai KPU Pusat sampai tingkat KPPS, Panwaslu, Partai Politik, Masyarakat, dan Media. Media sendiri dianggap sangat berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak karena Media adalah pusat infomasi data yang dikonsumsi oleh masyarakat luas, jika ada salah satu media yang tidak netral atau tidak berimbang penyampaiannya maka pemilihan pun akan berjalan kurang baik karena masyarakat sangatlah amat bergantung terhadap pemberitaan dari media itu sendiri.

Maka dari itu Dadan berharap agar media dalam penyampaiannya bisa berimbang dan berlaku netral guna menciptakan suasana Pilkada Serentak tahun 2018 yang Damai dan Sukses.

Dadan dalam kesempatan kali ini  menjabarkan ke Rekan-Rekan Media apa saja persiapan KPU Kabupaten Kuningan dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018 diantaranya, Memulai Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih,Penerimaan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, Penetapan Calon,dan Mempersiapkan Keamanan terutama di Masa Kampanye yang biasanya rawan akan terjadinya Potensi Konflik.

Bertindak sebagai Narasumber Kedua Kasat Intelkam Polres Kuningan AKP Iwan Rasiwan menyampaikan hal yang berkenaan tentang Kondisi-Kondisi Rawan dalam Penyelenggaraan Pilkada ke Rekan-Rekan Media. Dalam penyampaiannya Iwan menuturkan jelang Pilkada itu biasanya sering timbul Isu-Isu Sara , Isu Sara ini sendiri sangat berpengaruh terhadap kestabilan keamanan di masyarakat karna dapat menimbulkan terjadinya potensi konflk. Kuningan sendiri memiliki daerah-daerah rawan terjadinya Potensi Konflik yang diberi gambaran Tiga Zona;Zona Merah, Kuning, dan Hijau.

Polres sendiri juga melakukan tindakan pencegahan-pencegahan terhadap berita yang berkaitan tentang Isu-Isu Sara tersebut, dengan dibentuknya Tim Siber yang menjerat langsung Pegiat Berita Sara yang tersebar di Media Online dengan Undang-Undang ITE.

Iwan menyampaikan pula harapannya kepada Rekan-Rekan Media untuk bisa menjaga suasana kondusifitas Pilkada dengan menyampaikan berita yang tidak memicu potensi konflik karena masyarakat itu mudah sekali tersulut emosinya apabila ada berita yang berkaitan dengan Isu-Isu Sara.

Media sendiri sebagai pihak yang bertindak sebagai Pusat Penyebaran Informasi juga menyampaikan sebuah komitmen kepada KPU Kabupaten Kuningan dan kepada Kasat Intelkam Polres Kuningan.

“Bahwa media selaku pihak penyebar informasi akan menyampaikan berita yang Berimbang, Independen dan Berjalan Sesuai Kode Etik Jurnalistik yang berlaku, guna menciptakan suasana Pilkada yang Suskes, Aman, dan Kondusif.” tutur Wawan Hendrawan Perwakilan Media.

Pada akhir acara Dadan selaku narasumber dan sebagai Moderator  menyampaikan harapannya terkait Pilkada Serentak Tahun 2018.

“Saya berharap Pilkada Serentak nanti bisa berfungsi sebagai Sarana Edukasi dan Wahana Politik bagi masyarakat.”

 

 

***

Komentar

comments