KPU Kuningan Gelar Sosdiklih di SMA N 1 Kadugede

KPU Kuningan Gelar Sosdiklih di SMA N 1 Kadugede

Kuningan, 28 Maret 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih di SMA N 1 Kuningan. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam, Wakasek Kehumasan dan 120 orang siswa kelas tiga SMA N 1 Kadugede.

Bertindak sebagai narasumber Dudung menyampaikan poin-poin penting tentang kepemiluan. Para siswa diajak berikan materi dari mulai syarat untuk menjadi pemilih, pengenalan partai politik, surat surat yang akan didapatkan pada hari H pelaksaan pemungutan dan penghitungan suara, ketegorisasi daftar pemilih, kampanye, dan tata cara mencoblos.

“Pemilih pemula, khususnya di SMA N 1 Kadugede diharapkan dapat turut serta berperan aktif dalam menyukseskan Pemilihan Umum 17 April 2019. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilih pemula diantaranya turut serta menjadi bagian dari penyelenggara misalnya KPPS. Selain itu, pemilih pemula juga dapat berperan sebagai penyejuk situasi. Misalnya, ketika mendapat informasi jangan langsung ditelan bulat-bulat.” tutur Dudung.

Dudung kemudian menyampaikan, kaitannya dengan perolehan informasi, pemilih pemula dapat menelisik lebih dulu dari mana sumber informasinya, siapa yang membuat dan menyebarkan informasi tersebut, dan membaca informasi secara menyeluruh. Sehingga nantinya, pemilih pemula dapat turut serta andil dalam menciptakan situasi yang damai dengan informasi yang benar.

“Setiap pemilih termasuk pemilih pemula harus juga menyepakati bahwa dalam kontestasi demokrasi tahun 2019 mesti berjalan sehat dan lancar. Salah satunya dengan cara menolak politik uang, melawan hoax, dan senantiasa belajar tentang kepemiluan.”***

Komentar

comments