KPU Kuningan Gelar Simulasi P2S

KPU Kuningan Gelar Simulasi P2S

Kuningan, 3 April 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara (P2S) Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di TPS 1 Desa Garawangi Kecamatan Garawangi tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z. Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman, Divisi SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam, Divisi Hukum dan Pengawasan Lestari Widyastuti, dan jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Kuningan.

Turut hadir pula Bupati Kuningan Acep Purnama, Kapolres Kuningan AKBP Iwan Setiawan, Kejari Kuningan Adhyyaksa Darma Yuliano, Dandim 0615 Kuningan Lektol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, Kakesbangpol Kuningan Dadi Hariadi, Help Desk Pemilu, Pimpinan Partai Politik Tingkat Kabupaten Kuningan/ yang mewakili, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) seKabupaten Kuningan.

Ketua KPU Kuningan Asep Z. Fauzi saat meberikan sambutan.

“Kegiatan simulasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam hal Pemilihan Umum Tahun 2019 sebagaimana disampaikan dalam PKPU 10 Tahun 2018. Dengan keterlibatan masyarakat di TPS simulasi dan masifnya informasi mengenai kegiatan simulai diharapkan kian memotivasi seluruh masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada tanggal 17 April 2019 nanti.” tutur Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z. Fauzi.

Asfa, demikian panggilan akrabnya menyampaikan pula bahwa melalui simulasi ini, KPU Kabupaten Kuningan dapat mengevaluasi pelbagai hal. Misalnya, tahapan persiapan KPPS beserta perangkat dan bagaimana sikap pemilih memperlakukan surat suara di bilik suara. Selain itu, dengan simulai ini dapat juga dijadikan bahan gambaran waktu penghitungan suara saat Pemilu 17 April 2019 dilaksanakan.

Bupati Kuningan Acep Purnama saat meberikan sambutan.

Selanjutnya, Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi rekan-rekan penyelenggara di Kabupaten Kuningan dari mulia tingkat KPU hingga KPPS. Dirinya menyampaikan hal senada, bahwa giat simulasi ini dapat dijadikan kesempatan untuk belajar dan melakukan proses evaluasi pelaksanaan P2S. Dengan diadakannya simulasi ini, masyarakat juga dapat mengetahui jenis dan perbedaan surat suara yang akan diterimanya nanti di TPS pada hari H P2S Pemilu 2019.

KPPS saat menjelaskan tata cara pencoblosan kepada pemilih.

Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman menyampaikan meskipun kegiatan ini hanya simulasi, tapi perlakuannya sama dengan situasi dan kondisi ketika hari H. Dirinya menuturkan, perlakuan sama tersebut diawali dari perlakuan pemilih oleh KPPS di TPS dari mulai pemanggilan hingga simulasi pencoblosan. Giat ini juga mensimulasikan penghitungan surat suara hingga memasukan perolehan hasil penghitungan suara ke dalam model C1 Plano hingga pembuatan berita acara oleh KPPS.***

Komentar

comments