KPU Kuningan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPS

KPU Kuningan Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPS

Kuningan, Jum’at 16 Maret 2018. Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemlih Hasil Pemutakhiran untuk Ditetapkan Sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Tahun 2018 yang bertempat di Aula Hotel Horison Kuningan dan kegiatan dimulai pada pukul 14.30 WIB s.d. selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis, Perencanaan Data Dadan Hamdani, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z.Fauzi, Komisioner KPU Kuningan Divisi Logistik Agus Ismail Yaqub, Komisioner KPU Kuningan Divisi Hukum Jajang Arifin, Sekretaris KPU Kuningan Upi Sophian, Tim Kasubbag Program Data Dudung Abdul Rokhman dan Toto S aptori, Ketua PPK dan Anggota PPK Divisi Teknis se-Kabupaten Kuningan, Anggota Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan beserta Panwascam se-Kabupaten Kuningan, Kasat Intelkam Polres Kuningan AKP Iwan Rasiwan, Dandim 0615 Kuningan, Perwakilan Kesbangpol Kabupaten Kuningan, Desk Pilkada Kabupaten Kuningan, serta Tim Sukses Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Nomor Urut 1,2 dan 3.

Mengawali kegiatan, Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara secara resmi pukul 15.00 WIB , dalam sambutannya heni menjelaskan dasar hukum kegiatan ini adalah UU Nomor 1 Tahun 2015 perubahan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota;  PKPU No 2 Tahun 2018 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil  Walikota, di peraturan tersebut di sebutkan bahwa Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran ditetapkan di tingkat Kabupaten  Kota pada tanggal 15 Maret  s.d. 16 Maret 2018, KPU Kabupaten Kuningan memutuskan untuk menggelar Rapat Pleno Penetapan DPS Hari ini Jum’at (16/3/2018); berikutnya adalah PKPU No 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Perbawslu No 9 Tahun 2017 tentang Pengawasan Pemutakhiran Data dan  Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

bahwa setelah penetapan daftar hasil pemutakhiran rapat menjadi DPS ini ditetapkan, selanjutnya dilaksanakan Rapat Pleno DPS di tingkat Provinsi Jawa Barat, setelah ditetapkan di provinsi nanti berlanjut ke tahapan penyampaian daftar pemilih sementara kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS)  mulai tanggal 17 Maret s.d 23 Maret 2018, bahwa konsentrasi, supervisi, eksistensi setelah penetapan di arahkan kepada PPS, setelah diterima oleh PPS, tentu sudah menjadi kewajiban bagi PPS untuk mengumumkan di tempat-tempat strategis  baik di Balai Desa,Balai RT, dan sebagainya. Selanjutnya  masyarakat pun diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan terkait penetapan DPS ini, tahapan tersebut dimulai dari tanggal 24 Maret s.d. 2 April 2018, selanjutnya perbaikan DPS mulai tanggal 3 April s.d. 7 April 2018.

“Setelah Kegiatan Rapat Pleno hari ini saya menghimbau kepada Ketua dan Anggota PPK pada bidang Mutarlih agar segera lakukan rakor di tingkat PPS untuk persiapan tahapan pengumuman,  tujuannya adalah untuk melihat dan menunggu ikhtiar dari 376 PPS se-Kabupaten Kuningan, bagaimana cara berikhtiar untuk mengumumkan DPS ini kepada Masyarakat, jangan sampai DPS ini di umumkan tetapi masyarakat responnya pasif, maka dari itu cari seribu satu cara bagaimana caranya agar masyarakat bisa berperan aktif untuk mengecek namanya ada atau tidak dalam DPS, tentu dengan cara-cara yang sesuai regulasi yang berlaku.” Tutur Heni Susilawati.

Selanjutnya Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani berkesempatan sebagai moderator acara pada kegiatan tersebut, Dadan Hamdani bertugas untuk menyampaikan petunjuk teknis pembacaan form Model A.1.3.-KWK dan A.C.3-KWK yang akan dibacakan oleh masing-masing PPK dari 32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan. Setelah kegiatan pembacaan Form Model A.1.3.-KWK dan A.C.3-KWK tersebut hasil data di jumlahkan lalu dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara (BA) yang ditanda tangani oleh Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten Kuningan.

Berdasarkan Berita Acara No 49/HK.05-BA/3208/KPU-Kab/III/2018, KPU Kabupaten Kuningan menyampaikan bahwa hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Kuningan dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 422.638, jumlah pemilih perempuan sebanyak 416.044, total jumlah pemilih sebanyak 838.682, tersebar di 32 Kecamatan, sesuai dengan rincian pada formulir Model A.1.3-KWK.

Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Potensial Non KTP-elektronik di Kabupaten Kuningan dengan jumlah laki-laki sebanyak 15.184, jumlah pemilih perempuan sebanyak 13.154, total jumlah pemilih sebanyak 28.338, tersebar di 32 kecamatan sesuai dengan formulir Model A.C.3-KWK. Lalu untuk pemilih yang belum memiliki KTP-Elektronik, KPU Kuningan akan melakukan konsolidasi dengan Disdukcapil Kuningan untuk menindaklanjuti pemilih yang belum memiliki KTP-elektronik agar segera dilakukan perekaman KTP-el.

“Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan disampaikan terhitung pada tanggal 24 Maret 2018 kepada PPS, dan menghimbau agar masyarakat Kuningan dapat berpartisipasi aktif mengecek namanya apakah sudah terdaftar atau tidak di DPS, terutama tim kapanye pasangan calon apabila konstituennya belum melakukan perekaman untuk segera menghubungi PPS di wilayah kerjanya masing-masing, tujuannya agar yang bersangkutan dapat segera di data oleh PPS dan agar bisa menggunakan hak konstitusional nya sebagai warga negara untuk memilih pada Pilkada Serentak Rabu, 27 juni 2018.”tutur Dadan Hamdani

Akhir kegiatan dilakukan penyerahan Berita Acara (BA) DPS kepada Panwaslu Kabupaten Kuningan, Kepala Disdukcapil Kuningan, Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1, Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 2, Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 3, serta terakhir penyerahan Berita Acara kepada Desk Pilkada Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulillah secara keseluruhan Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih ini berjalan lancar, dari proses mencoklit sampai proses rekap di desa, di PPK dan di PPS lancar tidak menemui kendala berarti dan insyaallah data yang kita hasilkan ini akurat, ataupun mengenai kekurangan nanti akan kita perbaiki setelah proses DPS ini, dan setelah penetapan DPS ini masih ada tahapan panjang selanjutnya yaitu menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT).” tutur Dadan Hamdani. ***

Komentar

comments